Sakit Ketika Bepergian? Ini Tips untuk Anda! | Breaktime
Sakit Ketika Bepergian? Ini Tips untuk Anda!
19.03.2016

Sakit merupakan hal yang wajar dalam kehidupan kita. Namun yang tidak mengenakkan adalah ketika kita akan melakukan perjalanan jauh dan kondisi kesehatan sangat tidak bersahabat. Hmm, jatuh sakit saat bepergian di luar negeri bisa sungguh merepotkan, B’timers. Namun ada kuncinya kok, untuk mengatasi masalah seperti ini.

Cuci tangan Anda

Meskipun sudah mengetahui pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan tangan, yang mengejutkan masih saja banyak orang yang mengabaikan hal ini. Perlu diketahui kebersihan tangan yang terjaga dengan baik, dapat menghentikan penyebaran infeksi, lho, B’timers.

Jadi hanya dengan mencuci tangan, risiko Anda terkena diare hingga keracunan makanan semakin berkurang. Jika memungkinkan, cuci tangan Anda di bawah air panas setidaknya selama 30 detik sebelum dan sesudah dari toilet.

Sakit Ketika Bepergian? Ini Tips untuk Anda! | Breaktime
Selalu jaga kebersihan tangan

Minum air dalam kemasan

Terlebih jika Anda tidak dapat memastikan kemurnian air lokal, atau ketika Anda bepergian ke daerah yang memiliki sanitasi buruk, maka hindari meminum air ledeng. Jauhi juga es batu dalam minuman dingin yang Anda beli siang hari, B’timers.

Selain itu, sangat disarankan untuk selalu memeriksa segel setiap kemasan air mineral. Namun akan lebih baik jika Anda menggunakan botol dengan built-in filter, jadi Anda dapat menghemat pengeluaran, B’timers.

Usahakan untuk tetap aktif

Salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap fit dan mengembalikan kebugaran selama bepergian adalah dengan berolahraga. Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk tetap aktif, meskipun sedang berlibur sekalipun, B’timers.

Ambil jalan setapak ke hutan di dekat penginapan, atau sewa sepeda untuk berkeliling kota. Dan jogging di taman kota pun tidak masalah, kok. Apapun itu, yang penting jangan sampai karena sakit saat bepergian menghalangi Anda keluar hotel.

Sakit Ketika Bepergian? Ini Tips untuk Anda! | Breaktime
Olahraga dapat mengembalikan kondisi tubuh

Lindungi diri dari cuaca

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memberikan pengalaman buruk saat kita bepergian. Dan Anda tentunya tidak ingin memiliki kulit yang gosong ketika kembali dari liburan, kan, B’timers? Karena itu sediakan lotion dengan kandungan SPF 30.

Dan jika Anda bepergian ke daerah dingin, usahakan untuk selalu menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan lotion pelembab. Selain itu perhatikan juga pakaian yang Anda kenakan, ya, B’timers.

Temui tenaga medis profesional

Sangat penting untuk segera menemui tenaga medis profesional jika Anda merasakan daya tahan tubuh semakin menurun saat bepergian. Terutama jika Anda berpikir membutuhkan vaksinasi segera, B’timers.

Ketika berada di tempat asing, tidak sedikit orang yang enggan mempercayai tenaga medis setempat, karena kurangnya kemampuan berbahasa. Namun, banyak tenaga medis berkualitas yang dapat membantu Anda, kok, B’timers.

Sakit Ketika Bepergian? Ini Tips untuk Anda! | Breaktime
Jangan ragu untuk segera menemui dokter saat merasa sakit

Selain tips yang dapat dilakukan saat sakit ketika bepergian di atas, sebaiknya Anda lebih memperhatikan kesehatan jauh hari sebelum keberangkatan, ya, B’timers? Jika perlu segera konsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. (NO)

Share This Article