Safe Travelling Meski Tengah Berbadan Dua | Breaktime
Safe Travelling Meski Tengah Berbadan Dua
24.08.2017

B’timers sedang hamil tapi tergoda untuk mewujudkan keinginan travelling? Banyak calon ibu muda yang ingin bepergian selagi hamil karena terbayang betapa repotnya ketika sudah melahirkan nanti. Sebelum terus-menerus berada di rumah sambil mengurus newborn, tak ada salahnya lho Anda menjajal travelling selagi hamil. Asalkan tak ada komplikasi kehamilan berbahaya seperti morning sickness atau pendarahan parah serta ada izin dari dokter kandungan, Anda diperbolehkan untuk bepergian selama masa pregnancy.

Para ahli kandungan sepakat bahwa masa kehamilan yang paling aman untuk melakukan travelling ialah saat trimester kedua. Bulan keempat hingga keenam dalam masa kehamilan merupakan masa-masa yang paling aman karena Anda tak lagi sering mengalami mual dan muntah. B’timers juga masih lumayan jauh dari waktu melahirkan sehingga Anda bisa melakukan relaksasi untuk menyiapkan diri sebelum hari persalinan yang tentunya mendebarkan. Apa saja sih hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum berangkat travelling saat sedang berbadan dua?

Setelah memasuki trimester kedua, B’timers bebas merencanakan liburan ke mana saja. Apabila Anda belum familiar dengan destinasi wisata yang akan Anda tuju, cari tahu beberapa peraturan setempat, terutama yang berkaitan dengan kehamilan. Apakah wanita hamil diperbolehkan untuk bepergian sendirian di tempat tersebut? Dress code semacam apakah yang diharapkan dari seorang wanita hamil? Cari tahu juga mengenai cuaca dan makanan khas setempat agar tetap sesuai dan tidak berbenturan dengan kenyamanan serta pantangan Anda selama hamil.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Seperti Ini Guide Paralayang dan Trik Selfie-nya

Pertimbangkan jarak tempat menginap Anda dengan rumah sakit atau klinik terdekat, serta kedutaan negara Anda apabila B’timers berlibur ke mancanegara. Hindari bepergian ke tempat yang berisiko tertular penyakit endemik seperti malaria. Meski masih berada di trimester kedua, terdapat kemungkinan Anda akan melahirkan sebelum waktunya. Untuk itu, ketahui juga hal-hal yang berkaitan dengan syarat melahirkan bagi wisatawan saat berada di negara yang dikunjungi. Untuk lebih mudahnya, Anda sebaiknya bepergian di dalam negeri saja karena tentu masih terdapat banyak destinasi wisata menawan di Nusantara yang belum Anda jelajahi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lagi Hamil Tapi Ngidam Travelling? Catat 6 Tipsnya!

Selanjutnya, pertimbangkan sarana transportasi apa yang hendak Moms gunakan. Apabila Anda bepergian dengan menggunakan pesawat, pilihlah tempat duduk yang berdekatan dengan kamar kecil karena ibu hamil perlu berkemih dalam frekuensi yang cukup tinggi. Berhati-hatilah saat berjalan menuju kamar kecil ya, Moms! Pastikan untuk berpegang pada setiap kursi penumpang dalam perjalanan menuju toilet untuk menjaga keseimbangan tubuh. Beberapa maskapai penerbangan bahkan mewajibkan Anda untuk melampirkan surat izin dokter apabila Anda bepergian dalam usia kandungan 8 bulan. 

Safe Travelling Meski Tengah Berbadan Dua | Breaktime
Safe travelling selama kehamilan salah satunya dengan membawa serta dokumen penting

Berbeda dengan pesawat terbang, perjalanan laut memakan waktu yang cukup lama serta tantangan tersendiri karena goyangan kapal yang cukup terasa. Bawalah perlengkapan yang menunjang kenyamanan Anda selama di kapal, seperti bantal kecil, camilan sehat, hingga obat anti mabuk perjalanan yang tentunya aman bagi ibu hamil. Anda juga bisa memanfaatkan waktu tempuh yang cukup panjang untuk berolahraga ringan seperti berjalan kaki. Travelling yang paling nyaman bagi ibu hamil ialah dengan menggunakan mobil pribadi karena memungkinkan Anda untuk berhenti sejenak dan beristirahat sewaktu-waktu di tengah perjalanan. Hindari untuk duduk diam selama lebih dari 5 jam karena Anda akan berisiko mengalami deep vein thrombosis. Meski harus tetap duduk, seperti saat di pesawat atau bus, Anda bisa menggerakkan kaki sambil minum banyak air untuk mencegah dehidrasi dan timbulnya kaki bengkak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan Budget Ke Australia, Mungkin Gak Sih?

Meski telah melakukan kunjungan ke dokter kandungan sebelum berangkat, pastikan B’timers tetap menyimpan nomor kontak dokter kandungan Anda serta membawa seluruh catatan pemeriksaan prenatal. Berkas tersebut akan berguna apabila Anda mengalami kondisi darurat medis. Pastikan apakah lembaga asuransi Anda memberikan coverage bagi perawatan medis maupun pemeriksaan kehamilan selama di destinasi wisata tujuan. Selamat melakukan travelling dengan aman dan nyaman ya, Moms! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE