Punya Rencana Mendaki Gunung? Wajib Bawa Benda! | Breaktime
Punya Rencana Mendaki Gunung? Wajib Bawa Benda ini!
14.07.2016

Mendaki gunung merupakan salah satu hobi yang dapat memberikan kepuasan tersendiri. Selain fisik, perlengkapan juga penting saat Anda akan pergi mendaki, B’timers. Dan untuk menjamin keamanan Anda selama pendakian, ada beberapa benda yang wajib dibawa, lho. Coba cek, apakah Anda sudah memiliki benda yang harus dibawa saat mendaki, B’timers?

Tas gunung minimal berukuran 40 liter

Jika Anda hanya akan melakukan one day trip ke puncak dan kemudian langsung turun kembali, ransel mungkin sudah cukup. Namun jika rencananya Anda akan menginap di gunung, perbekalan harus masuk dalam tas, kan? Nah, itulah pentingnya setiap pendaki memiliki setidaknya satu tas gunung, B’timers.

Persediaan pakaian selama mendaki

Kenakan pakaian yang nyaman saat mendaki, B’timers. Tidak terlalu ketat dan dapat menyerap keringat. Sementara untuk tidur, setidaknya bawa pakaian yang hangat dan dapat menahan panas. Bawalah jaket sebanyak dua potong, dan pastikan jaket Anda dapat menahan buruknya cuaca seperti dingin dan hujan.

Punya Rencana Mendaki Gunung? Wajib Bawa Benda! | Breaktime
Sleeping bag bisa memberikan Anda kehangatan di puncak gunung, lho

Bawa perlengkapan tidur

Jangan pernah berencana untuk mendaki dan berkemah tanpa membawa perlengkapan tidur , lho. Anda disarankan untuk membawa sleeping bag serta matras yang dilapisi alumunium foil. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan rasa hangat pada tubuh Anda saat tidur, B’timers. Jas hujan juga sangat berguna.

Jangan lupa perengkapan makan

Alat-alat makan adalah benda wajib yang harus Anda bawa jika mendaki, lho. Terutama jika Anda akan memasak di gunung. Setidaknya bawa satu piring, gelas, sendok, pisau kecil, kompor gas mini, nesting. Selain  itu, Anda juga harus memperhatikan perbekalan bahan makanan dan minum yang diperlukan.

Alat-alat outdoor yang penting

Selain obat-obatan dan perlengkapan P3K lainnya, jangan lupa untuk membawa korek api, senter atau headlamp, tissue kering dan basah, baterai cadangan, kantong plastik untuk sampah dan wadah pakaian kotor. Tak ketinggalan tenda, kecuali jika Anda memang berencana untuk tidur di bawah gemintang.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaki jika ingin mendapatkan izin mendaki, lho. Dan semuanya wajib dilengkapi, lho, B’timers! (NO)

Share This Article