Plesir Ke Negara Ini, Banya Kuliner Berbuka! | Breaktime
Plesir Ke Negara Ini, Banya Kuliner Berbuka!
23.06.2017

Ramadhan memang selalu punya cerita dan kenangan tersendiri bagi setiap orang terutama mereka yang sedang jauh dari kampung halaman alias perantauan dikarenakan urusan pekerjaan atau sedang mengejar jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ramadhan di luar negeri dan Indonesia bisa jadi sangat jauh berbeda karena faktor budaya, kebiasaan, karakter masyarakatnya, dan cuaca yang bisa membuat waktu berbuka puasa berbeda.

Jika durasi puasa di Indonesia selau 12 jam, berbeda dengan mereka yang berpuasa di luar negeri terutama negara-negara yang memiliki 4 musim. Di musim panas, matahari hampir bersinar sepanjang hari menyebabkan durasi puasa lebih pendek dibandingkan mereka yang berpuasa di Indonesia.Sebaliknya di musim dingin, durasi puasa lebih panjang karena matahari jarang bersinar. Contohnya, di salah satu kota Finlandia, durasi puasa yang harus dijalani adalah sebanyak 23 jam 5 menit dikarenakan iklim dinginnya yang berlangsung sepanjang tahun sementara di Ochaya, Argentina, Anda hanya perlu berpuasa selama 9 jam. Perjuangan sekali ya, B’Timers?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wah, Ada Tradisi Ramadhan Indonesia Selain Puasa!

Ternyata, selain menahan lapar dan haus, makanannya juga jauh berbeda di Indonesia karena berbeda budaya. Anda tidak akan menemukan kolak atau es campur di London, sebaliknya Anda akan menemukan banyak sekali keju di Perancis. Supaya berbuka puasa Anda tetap seru seperti di kampung halaman, yuk, simak tips menu apa saja yang bisa dijadikan makanan berbuka puasa berikut ini! Dijamin halal!

Plesir Ke Negara Ini, Banya Kuliner Berbuka! | Breaktime
modern namun tetap sehat

Turki.  Jika Anda sedang berada di Turki selama bulan puasa, makan Anda patut senang karena meskipun budayanya jauh berbeda dengan Indonesia, setidaknya Anda tidak akan kesulitan menemukan makanan halal di negara yang pernah dipimpin oleh khalifah Utsmaniyah ini. Letak Turki yang berdekatan dengan Eropa membuat banyak kebudayaan yang masuk termasuk kebiasaan makan disana yang banyak mengandung produk susu dan pastry. Salah satunya makanan unik Turki khas Ramadhan, Gullac.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
10 Tips Lancar Puasa Saat Traveling Ramadhan

Ini adalah makanan yang terbuat dari campuran susu, delima, lapisan pastry kering yang kemudian ditambah air mawar dan diberi taburan walnut sehingga bercita rasa manis. Cocok, nih untukberbuka puasa. Gullac juga bisa disajikan bersama potongan buah seperti apel untuk mengimbangi rasa manis dari makanan tersebut. 

Plesir Ke Negara Ini, Banya Kuliner Berbuka! | Breaktime
bagaimana dengan pie?

Amerika. Muslim yang berkembang di Amerika saat ini cukup besar, lho, B’Timers. Ada sekitar 1% penduduk Amerika yang beragama muslim saat ini. Sudah banyak komunitas dan masjid-masjid yang berdiri di berbagai wilayah Amerika untuk memudahkan aktivitas warga muslim di daerah tersebut. Salah satunya dengan keberadaan Navy Bean Pie atau sering disebut the muslim pie. Di Amerika memang terkenal dengan kuliner pie-nya yang beragam.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Edisi Puasa, Kunjungi Wisata Religi Islam Bandung

Tapi, sering kali pie tersebut tidak halal karena mengandung campuran bahan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh umat muslim. Maka, hadirlah Navy Bean Pie yang terjamin halal karena dibuat dari campuran navy bean dan kayu manis. Pie yang awal mula dibuat oleh komunitas Islam di Michigan ini bisa disajikan dalam kondisi dingin atau pun hangat. Serunya lagi, Anda bisa berkreasi dengan menambahkan berbagai macam topping seperti es krim, buah-buahan, whipped cream, dan sebagainya.

Plesir Ke Negara Ini, Banya Kuliner Berbuka! | Breaktime
hmm sangat menggoda ya B'timers

Maroko. Negara yang terletak di benua Afrika ini mayoritasnya muslim meskipun pernah dijajah Perancis. Di Maroko juga punya kuliner khas Ramadhan yang wajib Anda coba yaitu briuoat. Dibuat dari puff pastry yang memiliki pilihan asin ataun manis yang bisa diisi. Hampir mirip kue pastel kalau di Indonesia Jika asin, Anda bisa mengisi dengan campuran daging ayam atau domba, keju, dan lemon. Jika Anda memilih menyantap briouat manis, campuran kacang-kacangan seperti almond bisa jadi isian yang tepat. Sebelum memakannya, celupkan terlebih dahulu ke dalam madu hangat yang sudah diberi perasan jeruk. Dijamin rasanya bakalan nagih!

Well, kalau Anda sedang plesir ke salah satu negara tersebut saat puasa, wajib banget untuk icip-icip makanan khasnya. (ar)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE