Alat Penerjemah Saat Liburan ke Luar Negeri | Breaktime
Pilot, Alat Penerjemah Saat Liburan ke Luar Negeri
10.07.2016

Liburan ke luar negeri selain menyenangkan kadang juga menimbulkan beberapa kendala. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah bahasa, terutama di negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama atau kedua.

Namun kini B'timers tak perlu khawatir soal kendala bahasa atau language barrier saat traveling ke luar negeri dengan sebuah alat bernama Pilot yang dibuat oleh Waverly Labs.

Pilot merupakan alat yang berupa earpiece dan berfungsi sebagai penerjemah. Alat ini bekerja secara berpasangan, karena itu agar bisa berfungsi maka B'timers dan lawan bicara harus sama-sama menggunakan Pilot yang dibantu dengan aplikasi di smartphone.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, setelah masing-masing mengenakan Pilot di telinga, maka pengguna tinggal bicara, kemudian kata-kata yang diucapkan akan langsung diterjemahkan ke bahasa yang diinginkan, kemudian didengar oleh lawan bicara melalui Pilot.

Alat Penerjemah Saat Liburan ke Luar Negeri | Breaktime
Pilot yang merupakan alat penerjemah bahasa asing

Adapun cara kerja Pilot ini adalah dengan menyimpan data berupa suara pada earpiece yang kemudian dikirim ke aplikasi melalui bluetooth dan diolah menjadi kalimat yang sudah diterjemahkan oleh lawan bicara.

Pilot sebenarnya bukan alat atau aplikasi pertama yang berfungsi sebagai penerjemah. Sebelumnya sudah ada pengembangan dari Google Translate yang secara otomatis bisa mendeteksi bahasa yang diucapkan dan menerjemahkannya.

Namun Google Translate membutuhkan ponsel untuk berada di tengah-tengah pembicara sehingga bisa saja banyak suara lain yang masuk. Berbeda dengan Pilot yang berbentuk earpiece sehingga meminimalisir suara-suara dari luar yang mengganggu percakapan.

Alat ini memang masih belum dipasarkan di luar Amerika Serikat, sehingga traveler Indonesia harus bersabar untuk mendapatkan barang yang dibanderol seharga 129 sampai 179 dolar Amerika Serikat (pre order) dan harga resmi mencapai 250 sampai 300 dolar Amerika Serikat ini (sekitar Rp 4 juta). (za)

Share This Article