Pertolongan Pertama Saat Ada yang Pingsan | Breaktime
Pertolongan Pertama Saat Ada yang Pingsan
10.10.2016

Mungkin tak pernah terbayang oleh B’timers ya, saat sedang wisata, di tengah-tengah acara mengambil groufie mendadak salah satu teman Anda pingsan. Aduh! Padahal Anda dan teman-teman berada di lokasi wisata yang sangat jauh dari hotel dan sialnya tidak ada anggota rombongan yang memiliki latar belakang kedokteran. Langkah pertama, jangan panik! Kabar gembiranya, hal tersebut hanyalah ilustrasi dan Anda masih berada di kamar Anda yang nyaman. Akan tetapi untuk berjaga-jaga, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebagai pertolongan pertama saat ada yang pingsan di perjalanan.

  • Langkah yang harus Anda ambil sebagai pertolongan pertama saat ada yang pingsan di perjalanan adalah pastikan bahwa teman Anda bernafas walaupun terdengar lemah. Longgarkan sabuk, melepaskan kancing kerah baju dan cegah orang-orang lain dari berkerumun agar teman Anda yang pingsan dapat menerima lebih banyak oksigen. Angkat kedua kakinya setinggi 12 inci, atau sekitar 30 sentimeter untuk mengembalikan aliran darah ke otak. Apabila dalam waktu satu menit dia belum sadar, segera hubungi ambulans agar teman Anda dapat memperoleh perawatan. 
Pertolongan Pertama Saat Ada yang Pingsan | Breaktime
Lakukan CPR untuk membantu teman Anda yang pingsan, ya!
  • Yang harus dilakukan berikutnya adalah, cek saluran pernapasan teman Anda. Perhatikan juga tanda-tanda seperti pernafasan, dan bergeraknya anggota tubuh yang lain. Apabila tidak terdapat tanda-tanda tersebut segera panggil ambulans. Anda juga bisa melakukan prosedur CPR sebagai tindakan darurat hingga bantuan datang.

Kita memang tak tahu kapan bisa terjadi, dan jelas tidak mengharapkan kalau sampai ada teman atau keluarga pingsan saat kita tengah beraktivitas bersama. Semoga tips-tips pertolongan pertama saat ada yang pingsan tadi, membantu Anda untuk langkah antisipasi ya, B’Timers! Setidaknya, ada bantuan yang bisa langsung diberikan untuk menangani orang yang pingsan tadi. (dkp)

Share This Article