Pertama Kali Ke Manila, Kenali 10 Hal Ini! | Breaktime
Pertama Kali Ke Manila, Kenali 10 Hal Ini!
05.04.2017

Di kalangan wisatawan Indonesia, Manila mungkin belum sepopuler Singapura atau Bangkok sebagai ibukota negara sekaligus destinasi wisata.
 
Meski belum banyak wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Manila, tidak ada alasan bagi B'timers untuk berkunjung atau memulai perjalanan menuju kota metropolis ibukota Filipina ini.

Berikut beberapa hal yang harus B'timers perhatikan saat pertama kali berkunjung ke Manila.

1. Bandara

Ada dua bandara internasional di Manila, yaitu Ninoy Aquino International Airport (NAIA) dan Clark. Pilih maskapai yang turun dan terbang di NAIA karena letaknya lebih dekat dengan pusat kota Manila.

Pertama Kali Ke Manila, Kenali 10 Hal Ini! | Breaktime
Jeepney, alat transportasi utama di Filipina, termasuk di Manila

2. Terminal di Bandara NAIA

Ada empat terminal di NAIA dan tiap terminal berada di lokasi yang berbeda. Traveler harus naik shuttle bus atau jeepney untuk berpindah terminal. Selalu perhatikan lokasi terminal setiap keberangkatan atau kedatangan karena memakan waktu yang cukup lama untuk berpindah dari satu terminal ke terminal yang lain.

3. Mata uang

Setiap transaksi di Filipina menggunakan mata uang Peso. Apabila sulit mendapatkan atau menukarkan Peso di Indonesia, bawalah Dollar Amerika untuk ditukarkan dengan Peso saat tiba di Manila.

Pertama Kali Ke Manila, Kenali 10 Hal Ini! | Breaktime
Mata uang Filipina, Peso

4. Jeepney

Moda transportasi yang satu ini ibarat identitas khas Manila dan Filipina secara keseluruhan. Hampir semua tempat di Manila bisa dijangkau dengan Jeepney. Selalu perhatikan arah dan jurusan jeep unik ini dan siapkan beberapa receh Peso tiap kali naik Jeepney.

5. Makanan

Salah satu kuliner terkenal dari Filipina adalah sisig, yaitu daging cincang yang dimasak dengan telur ayam, bawang putih, dan bumbu-bumbu lokal lainnya. Beberapa daging yang bisa diolah menjadi sisig adalah daging ayam, sapi, buaya, dan babi. Untuk wisatawan Muslim, tidak sulit mencari makanan halal karena banyak komunitas Muslim di Filipina, terutama kawasan selatan yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Pertama Kali Ke Manila, Kenali 10 Hal Ini! | Breaktime
Berbagai menu streetfood khas Manila di kawasan Makati Avenue Night Market

6. Bahasa

Bahasa Tagalog merupakan bahasa resmi dalam percakapan sehari-hari orang Filipina. Jangan khawatir soal bahasa karena sebagian besar orang Filipina bisa berbahasa Inggris. Tak ada salahnya belajar sedikit bahasa Tagalog untuk menyapa seperti Salamat (terimakasih), Ako (saya), Ikau (kamu), Magandang Umaga (selamat pagi), dan Magandang Gabi (selamat malam).

7. Penginapan

Di Manila, kawasan wisatawan terletak di Makati City. Lokasi ini ibarat Bukit Bintang-nya Manila karena hampir semua kebutuhan wisatawan ada di Makati, mulai dari penginapan kelas backpacker (dormitory) hingga hotel bintang lima, pusat oleh-oleh, kuliner, sampai cafe-café, dan klub malam.

Pertama Kali Ke Manila, Kenali 10 Hal Ini! | Breaktime
Greenhills, pusat perbelanjaan dan oleh-oleh terbesar di Manila

8. Sejarah

Nama-nama jalan, gedung, dan tempat wisata di Manila -dan Filipina pada umumnya- sepintas mirip nama-nama Spanyol, seperti Fort Santiago, Casa Manila, Intramuros, El Nido, atau Davao. Tak heran memang karena Filipina merupakan bekas kawasan jajahan Spanyol selama berabad-abad.

9. Mirip orang Indonesia

Traveler Indonesia yang berkunjung ke Filipina hampir pasti selalu dikira orang Filipina oleh warga lokal. Postur, wajah, dan perawakan yang hampir sama membuat orang Filipina tak bisa dibedakan dengan orang Indonesia.

10. Basket

B'timers penggemar olahraga basket? Olahraga ini paling populer di Filipina, bahkan hampir tiap hari warga berkumpul menyaksikan pertandingan basket live di televisi, baik itu liga basket lokal Filipina maupun NBA.

Jadi, Anda yang ingin berlibur ke Manila, sebaiknya pahami betul 10 hal tersebut agar tidak terjadi salah paham dan liburan Anda pun tetap menyenangkan. (zul)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE