Perhatikan Sebab dan Cara Atasi Mabuk Udara Yuk! | Breaktime
Perhatikan Sebab dan Cara Atasi Mabuk Udara Yuk!
24.08.2016

Takut naik pesawat, karena selalu mabuk udara, B’timers? Salah satu yang membuat tidak nyaman saat kita mabuk udara adalah mual hingga muntah. Tak hanya orang yang sedang tidak enak badan saja, lho, yang bisa mengalami mabuk udara. Bahkan orang sehat sekalipun bisa mendapatkan sensasi mabuk di dalam pesawat. Lihat apa sebab dan cara mengatasinya, yuk, B’timers!

Penyebab kita mengalami mabuk udara

Well, mabuk udara akan terjadi ketika sistem saraf pusat menerima pesan yang bertentangan dari tubuh yang mempengaruhi keseimbangan Anda, B’timers. Telinga bagian dalam sangat penting dalam menjaga keseimbangan karena terdapat sensor untuk gerakan angular dan linear. Nah, ketika terjadi disorientasi spasial di dalam telinga, Anda akan merasakan mabuk udara, B’timers.

Kurangi mengonsumsi makanan berat

Setidaknya perhatikan apa yang Anda konsumsi selama 24 jam sebelum penerbangan. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan berlemak, berminyak atau makanan berat lain yang berbumbu atau asin, B’timers. Selain itu, jangan minum minuman beralkohol maupun bersoda. Perbanyak air mineral saja.

Perhatikan Sebab dan Cara Atasi Mabuk Udara Yuk! | Breaktime
Salah satu penyebab mabuk udara adalah menatap layar ponsel

Hindari membaca dan menatap layar

Membaca buku atau bermain game di ponsel pintar Anda akan semakin memperparah sinyal gerak yang ada di dalam otak, lho, B’timers. Cobalah untuk mendengarkan musik melalui headphone atau pandang jauh ke titik di batas cakrawala. Cara ini akan membantu otak menstabilkan keseimbangan tubuh Anda.

Usahakan untuk mengontrol pernapasan

Sebaiknya berlatihlah untuk mengontrol pernapasan Anda ketika ada dalam kondisi mendesak, B’timers. Karena bernapas dengan cepat dan dangkal dapat membuat gejala mabuk udara semakin parah. Coba untuk fokus pada teknik pernapasan yang tenang dan dalam. Memejamkan mata bisa membantu Anda.

Perhatikan Sebab dan Cara Atasi Mabuk Udara Yuk! | Breaktime
Teknik relaksasi dapat meringankan gejala mabuk

Berlatihlah teknik relaksasi atau meditasi

Selain harus memperhatikan teknik pernapasan yang dapat membantu mengurangi efek negatif dari mabuk udara, beberapa teknik relaksasi atau meditasi juga bisa Anda gunakan untuk menghindar dari datangnya mabuk di dalam pesawat. Usahakan untuk melatih otot-otot Anda tetap rileks, B’timers.

Selain cara mengatasi mabuk udara di atas, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter jika perlu mengonsumsi obat penghilang rasa mual ketika melakukan perjalanan udara, kok, B’timers. (NO)

Share This Article