Perhatikan Hal-Hal Ini untuk Rafting Aman | Breaktime
Perhatikan Hal-Hal Ini untuk Rafting Aman
25.09.2016

Arung jeram atau rafting kini menjadi salah satu alternatif seseorang untuk berwisata. Anda bisa melepas penat dengan bermain air di sungai berarus deras. Selain itu juga menikmati pemandangan sekitar sungai yang masih sangat alami.

Namun, tidak semua orang berani untuk melakukan olahraga ini. Padahal di beberapa tempat rafting disediakan ukuran arus yang sesuai dengan usia. Lagipula setiap wahana akan menyediakan pelampung berbagai ukuran. Selain itu juga, mereka menyediakan pemandu yang akan menemani Anda berarung jeram.

Meskipun standart keamanan sudah sangat terjamin, tetap saja Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan arung jeram. Misalnya, Anda harus mengenal jenis, karakter, dan tingkat jeram sungai yang akan Anda susuri.

Ada beberapa wisata rafting yang memiliki tingkat jeram, seperti yang ada di Kota Probolinggo dan Kota Magelang. Sungainya memiliki grade yang berbeda-beda, mulai dari arus yang paling aman untuk anak-anak atau pemula dan arus yang sangat kuat untuk usia dewasa.

Perhatikan Hal-Hal Ini untuk Rafting Aman | Breaktime
Banyak hal yang harus diperhatikan saat arung jeram

Hal lain yang harus diperhatikan adalah cuaca dan debit arus sungai. Jika cuaca sedang musim hujan, sebaiknya hindari untuk melakukan arung jeram karena itu akan menyebabkan debit air meningkat dan arus sungai akan semakin deras.

Namun, tidak berarti jika musim kemarau akan sangat aman untuk melakukan arung jeram. Sama saja B’timers. Debit air sungai akan menipis dan akan semakin banyak bebatuan yang muncul. Hal itu sama-sama membahayakan keselamatan Anda.

Selain itu beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan adalah mengetahui teknik yang benar bagaimana berenang di dalam arus agar tidak hanyut, karena pelampung tidak akan selamanya bisa menyelamatkan hidup Anda. Dan juga pemandu yang sudah sangat ahli dan memiliki pengalaman dalam bermain arung jeram.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui dan pahami saat akan melakukan arung jeram atau rafting. Bermain arung jeram memang sangat menyenangkan, tetapi jangan lupa dengan keselamatan Anda. (vpd)

Share This Article