Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Boarding Pesawat | Breaktime
Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Boarding Pesawat
22.07.2017

Pekan lalu traveler di Indonesia sempat ramai perihal insiden penumpang dengan petugas bandara di Manado. Prosedur keamanan di bandara memang harus ditaati oleh setiap traveler, tanpa terkecuali.

Demi kelancaran bersama, ada beberapa hal yang sebaiknya B'timers perhatikan dan siapkan saat pemeriksaan di bandara, terutama saat pemeriksaan sinar x-ray sebelum boarding.

1. Boarding pass dan kartu identitas

Sebelum masuk antrean ke ruang tunggu, siapkan tiket berupa boarding pass dan kartu identitas (KTP/SIM) untuk penerbangan domestik dan paspor untuk penerbangan internasional.

2. Batasan cairan

Untuk penerangan internasional, jumlah cairan yang diperbolehkan maksimal 100 mililiter. Calon penumpang juga tidak diperbolehkan membawa air mineral, kecuali obat dan susu untuk bayi. Perkecualian lainnya adalah minuman dari duty free. Di Indonesia, calon penumpang domestik masih diperbolehkan membawa air mineral ke dalam ruang tunggu.

Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Boarding Pesawat | Breaktime
Ikuti setiap aturan di bandara agar tidak terkena masalah keamanan

3. Lepas ikat pinggang, jaket, dan jam tangan

Peraturan benda apa saja yang perlu dilepas berbeda-beda. Di Indonesia ikat pinggang, jam tangan, dan jaket adalah benda yang harus dilepas dari tubuh saat memasuki pemeriksaan x-ray. Di Vietnam, setiap calon penumpang juga diwajibkan melepas sendal atau sepatu.

4. Korek api dan rokok

Untuk penerangan internasional, tidak ada toleransi untuk korek api, namun masih dibolehkan membawa rokok dalam jumlah tertentu, termasuk rokok elektronik.

5. Keluarkan laptop dari dalam tas

Peraturan ini relatif cukup baru, yaitu setiap calon penumpang yang membawa laptop wajib dikeluarkan dari dalam tas. Belum semua bandara di Indonesia menerapkan peraturan ini, sehingga perhatikan dahulu benda apa saja yang harus dikeluarkan saat pemeriksaan x-ray.

Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Boarding Pesawat | Breaktime
Beda negara, beda pula aturan keamanan sebelum boarding pesawat

6. Masukkan hp ke dalam tas

Apabila B'timers membawa ponsel, jangan digenggam atau di kantong, tetapi masukkan ke dalam tas atau tempat yang telah disediakan untuk diperiksa mesin x-ray.

7. Taati peraturan

Taati peraturan yang berlaku dan hindari berdebat dengan petugas keamanan. Hal ini dikarenakan petugas keamanan bandara memiliki hak untuk menahan calon penumpang dan bisa mengakibatkan ditinggal pesawat.

8. Jangan bercanda tentang bom

Poin terakhir ini sangat penting. Bercanda tentang bom dan ancaman lain saat hendak memasuki pesawat adalah hal yang tidak ditolerir dan bisa diproses hukum hingga penjara.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE