5 Hal Sebelum Mudik dengan Kendaraan Pribadi | Breaktime
Perhatikan 5 Hal Sebelum Mudik dengan Kendaraan Pribadi
03.07.2016

Umat Islam di manapun pasti menantikan momen Lebaran. Tak peduli seberapa macet jalanan, mereka tetap akan mudik untuk bertemu keluarga tercinta di kampong halaman. Oleh-oleh pun dipersiapkan agar tidak lupa dibawa. Selain kesiapan fisik, Anda harus memperhatikan 5 hal ini, terutama jika akan mudik menggunakan kendaraan pribadi, B’timers!

Lakukan pengecekan kondisi kendaraan

Kendaraan ini yang akan digunakan untuk menempuh ratusan kilometer. Jadi pastikan kondisinya benar-benar fit. Periksa ban, rem, mesin, kopling, lampu, spion dan lainnya. Jika perlu bawa ke bengkel untuk memastikan kendaraan Anda dalam kondisi sempurna untuk digunakan perjalanan jauh.

Sediakan peta jalur mudik yang akan dilalui

Meskipun Anda telah menghapal jalur untuk pulang ke kampung halaman, tidak ada salahnya membawa peta jalur mudik, lho, B’timers. Peta sangat berguna ketika Anda terjebak kemacetan. Jadi Anda bisa mencari jalur alternatif. Catat juga beberapa nomor telepon darurat untuk persiapan.

5 Hal Sebelum Mudik dengan Kendaraan Pribadi | Breaktime
Jangan bawa terlalu banyak barang, ya, B’timers!

Bawa serta komponen cadangan kendaraan

Well, meskipun sudah dipastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik untuk perjalanan jauh, membawa komponen cadangan tidak pernah salah, B’timers. Lakukan antisipasi jika terjadi sesuatu di tengah jalan. Jadi bukan hanya oleh-oleh saja yang perlu Anda masukkan dalam bagasi mobil, lho.

Kemasi barang-barang bawaan dengan tepat

Atur semua bawaan secara rapi, jadi Anda bisa mengeluarkannya dengan mudah ketika memerlukan sesuatu. Letakkan barang yang berat di bagian bawah. Usahakan untuk membawa barang seperlunya, B’timers. Karena Anda hanya mudik, dan bukan pindah rumah kembali ke kampung.

Perhatikan ,waktu istirahat sebelum berangkat

Jika Anda akan menempuh perjalanan yang cukup jauh, pastikan untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup sebelum keberangkatan, B’timers. Selain itu, jika di perjalanan Anda merasa mengantuk, sebaiknya cari tempat peristirahatan untuk tidur sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Nah, dengan 5 hal yang harus diperhatikan sebelum mudik, perjalanan Anda menuju kampung halaman pun tidak akan mendapatkan rintangan yang berarti. (NO)

Share This Article