Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Bertolak ke Baluran | Breaktime
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Bertolak ke Baluran
21.03.2015

Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia memiliki jumlah taman nasional terbanyak. Masing-masing taman nasional memiliki ciri khas dan keunikan sendiri. Salah satunya Taman Nasional Baluran.

Mendengar nama "Baluran" tentu ingatan B’timers langsung tertuju pada istilah "Africa Van Java". Ya, taman nasional di Jawa Timur ini memang identik dengan suasana padang rumput yang kering, hutan belantara, dan hewan-hewan liar yang hidup di dalamnya, persis seperti gambaran umum alam Afrika.

Taman nasional ini relatif mudah dijangkau, terletak di jalur utama jalan raya Jawa-Bali, dan bisa dikunjungi hampir sepanjang tahun. Meski demikian, ada beberapa tips bagi B'timers yang baru pertama kali traveling ke lokasi ini:

Hindari musim hujan

Meskipun Baluran cocok dikunjungi hampir sepanjang tahun, namun periode terbaik untuk berkunjung adalah saat musim kemarau. Padang rumput dan pepohonan pada musim kering akan memberi kesan "semakin Afrika" pada taman nasional ini. Pada musim hujan, kondisi basah, kabut, dan mendung akan mengganggu view terbaik Baluran, terutama saat sunrise dan sunset.

Bawa bekal

Sebagai taman nasional dan tempat konservasi flora fauna, tidak ada penjual makanan dan minuman di area ini. Bawa bekal secukupnya, terutama air mineral bila Anda merencanakan kegiatan yang cukup lama di sekitar Baluran. Namun yang perlu diingat adalah kesadaran menjaga kebersihan agar sampah yang Anda bawa tak mengotori area taman nasional ini.

Siapkan perlengkapan

Selain terkenal dengan savana dan hutannya, Baluran juga memiliki taman bawah laut dan terumbu karang yang indah di sekitar Pantai Bama. Tapi karena persewaan alat snorkeling masih terbatas, penggemar wisata bawah laut sebaiknya membawa alat snorkeling atau diving sendiri.

Memilih penginapan

Tersedia beberapa cottage dan penginapan bagi yang ingin bermalam di area savana Bekol dan pantai Bama. Beberapa penginapan murah juga bisa Anda dapatkan di sekitar Watudodol dan Ketapang Banyuwangi dengan harga mulai Rp 100 ribu.

Responsible traveler

Taman Nasional Baluran merupakan rumah bagi berbagai habitat langka flora dan fauna. Karenanya, sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk turut serta menjaga kelestariannya. Tidak menyalakan api, tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak melakukan aksi vandalisme adalah hal-hal kecil yang memberikan dampak besar untuk kelestarian lingkungan.

How To Get There

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Bertolak ke Baluran

Pintu masuk Taman Nasional Baluran berada tepat di pinggir jalan raya jalur utama Jawa - Bali. Pengunjung bisa menuju lokasi ini dengan sepeda motor atau mobil dari berbagai kota di Jawa Timur, atau naik kendaraan umum seperti bis jurusan Surabaya - Banyuwangi atau Surabaya - Denpasar dan turun di pintu masuk Baluran.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Baluran adalah saat memasuki musim kemarau, antara bulan April sampai Juni. Pada periode ini cuaca cukup cerah dan padang rumput belum terlalu kering. Spot sunrise terbaik ada di Savana Bekol dan Pantai Bama.

B’timers, segera rencanakan perjalanan liburan Anda ke Taman Nasional Baluran, one of the best safari holiday destination di Indonesia!

Share This Article