5 Hal Sebelum Ajak Si Kecil Mendaki Gunung! | Breaktime
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ajak Si Kecil Mendaki Gunung
16.05.2016

B'timers yang gemar mendaki gunung tentu ingin melakukannya bersama orang-orang tercinta, tak terkecuali bagi mereka yang sudah berkeluarga dan ingin mengajak serta sang buah hati.

Ternyata, banyak manfaat yang didapat dari mengajak si kecil mendaki gunung sejak dini, seperti melatih kemandirian dan menanamkan jiwa mencintai alam sejak kecil.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum B'timers berencana melakukan pendakian bersama si kecil.

Mulai sejak usia dini

Penelitian membuktikan bahwa anak yang dibiasakan berkawan dengan alam sejak kecil membuat mereka lebih mudah bersosialisasi saat dewasa. Tidak perlu mencari destinasi yang terlalu jauh dan ekstrem. Cukup dengan menggendong dan memperkenalkan alam seperti pepohonan, hewan-hewan kecil, dan sebagainya sedini mungkin.

5 Hal Sebelum Ajak Si Kecil Mendaki Gunung! | Breaktime
Tak harus mendaki gunung tinggi, mengenalkan alam sejak dini sangat penting untuk keluarga

Sabar dan tanpa paksaan

Jangan paksa anak-anak mencapai ketinggian tertentu atau gunung tertentu. Tugas orangtua saat mengajak anak mendaki adalah memberikan arahan, membiarkan mereka mengenal hal-hal baru, dan terus menyemangati mereka. Posisikan diri kita sebagai teman dan pelindung yang menyenangkan saat melakukan pendakian.

Demikian pula saat anak-anak merasa takut untuk melakukan aktivitas pendakian, yakinkan pada mereka bahwa pendakian akan baik-baik saja dan banyak hal baru yang bisa ditemui saat mendaki gunung.

5 Hal Sebelum Ajak Si Kecil Mendaki Gunung! | Breaktime
Berilah motivasi tinggi kepada anak untuk mencintai alam sejak dini

Beri kebebasan

Berikan kebebasan kepada anak-anak untuk melakukan beberapa hal kecil, seperti menyiapkan makanan ringan, memasukkan perbekalan ke dalam ransel, dan sebagainya. Memberikan anak tugas akan membuat mereka bersemangat dan menanamkan nilai-nilai tanggung jawab sejak kecil.

Gunakan teknologi

Tak ada salahnya untuk mulai mengenalkan teknologi seperti GPS untuk mengetahui lokasi, kamera untuk mengabadikan momen pendakian, dan memberi bekal pelajaran menggunakan alat-alat pendakian kepada si kecil.

Persiapan matang

Periksa kembali perlengkapan seperti kacamata, tabir surya, senter, perlengkapan obat-obatan, korek, peralatan mendaki, selimut, pakaian, makanan dan minuman.

Mendaki bersama keluarga akan menjadi hal menyenangkan dan sulit dilupakan bagi si kecil. Ciptakan energi positif pada anak selama pendakian agar ia merasa nyaman dan mendapatkan pengalaman berharga. (ZA)

Share This Article