Perhatikan Hal Ini Agar Hemat Biaya Penerbangan | Breaktime
Perhatikan 5 Hal Ini Agar Hemat Biaya Penerbangan
02.04.2016

Makin banyaknya pilihan maskapai berbiaya rendah membuat B'timers kini punya alternatif untuk melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Namun tingginya harga bahan bakar dan permintaan tiket pesawat terutama saat periode libur panjang membuat harga tiket tak semurah yang dibayangkan. Traveler pun harus pintar mencari cara untuk menghemat biaya perjalanan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tiket pesawat untuk menekan biaya perjalanan.

1. Periode Booking

Menurut berbagai survey di Amerika Serikat, waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat adalah tiga hingga enam minggu sebelum keberangkatan. Hindari memesan terlalu dekat atau terlalu jauh dari hari keberangkatan.

2. Periode Terbang

Harga-harga tiket pesawat pada hari Selasa, Rabu dan Sabtu cenderung lebih rendah dari hari lainnya, terutama untuk keberangkatan pagi. Pilihlah penerbangan pada waktu-waktu tersebut untuk menghemat biaya perjalanan.

Perhatikan Hal Ini Agar Hemat Biaya Penerbangan | Breaktime
Suasana di Bandara Kuala Lumpur saat periode peak season

3. Hindari Peak Season

Periode libur sekolah, libur hari raya, dan libur tahun baru merupakan waktu-waktu di mana harga tiket pesawat mencapai puncaknya. Menghindari terbang pada waktu-waktu tersebut bisa menghemat biaya perjalanan hingga dua kali lipat.

4. Biaya Ekstra

Pada saat proses booking, abaikan biaya-biaya ekstra jika memang tidak dibutuhkan, misalnya biaya bagasi dan meals. Biaya bagasi internasional biasanya mencapai Rp 200 ribu atau lebih. Perhatikan barang bawaan agar bisa masuk dalam kabin dan tidak perlu memakai bagasi, kecuali memang tersedia layanan bagasi gratis.

5. Makanan Ringan

Membawa cokelat atau camilan di pesawat bisa menghemat pengeluaran, terutama saat menempuh penerbangan singkat karena kita tidak perlu memesan makanan dengan harga yang kurang ekonomis di pesawat. (ZA)

Share This Article