Perhatikan 3 Hal Ini Saat Terbang di Cuaca Buruk | Breaktime
Perhatikan 3 Hal Ini Saat Terbang di Cuaca Buruk
21.04.2016

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, bepergian dengan transportasi udara adalah cara yang paling cepat, nyaman, dan hemat di Indonesia.

Namun pada periode bulan April dan Mei, sejumlah kawasan Indonesia masih dilanda hujan deras dan peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

Terbang pada saat kondisi hujan tentu menjadikan sebagian traveler cemas. Hujan deras, awan tebal, hingga petir menjadi ancaman buruk saat terbang. Berikut beberapa hal yang bisa atau sering terjadi ketika penerbangan dibarengi cuaca buruk atau hujan deras.

Delay

Banyak faktor yang menyebabkan delay saat hujan, seperti pergerakan garbarata, aktivitas menaikkan dan menurunkan bagasi yang membutuhkan waktu lebih lama saat hujan, serta pesawat yang harus zig-zag menghindari awan mendung saat hendak mendarat dan mengudara.

Perhatikan 3 Hal Ini Saat Terbang di Cuaca Buruk | Breaktime
Turbulensi adalah hal yang biasa terjadi saat penerbangan di cuaca buruk

Turbulensi

Saat melewati awan hujan, terutama usai takeoff dan akan landing, pesawat mengalami guncangan alias turbulensi. Pasang sabuk pengaman dan tetap tenang, pilot sudah terlatih dan tahu mana awan yang bisa dilewati dan mana awan yang tidak bisa dilewati.

Petir

Pesawat terbang sudah didesain sedemikian rupa sehingga tahan menghadapi petir. Meski jarang terjadi, petir yang menyambar tidak akan membakar pesawat karena pesawat didesain untuk bisa menyerap lebih dari delapan kali energi sambaran petir. Sayap dan kabin pesawat juga dapat menahan tekanan yang besar.

Sebenarnya tidak ada perbedaan berarti saat terbang pada kondisi hujan maupun kondisi normal. Mendengarkan musik, membaca buku, atau tidur adalah cara-cara sederhana untuk mengusir kecemasan saat terang pada cuaca buruk.

Jadi, jangan biarkan cemas dan panik melanda saat B’timers terbang di cuaca buruk. Dengan melakukan sejumlah aktivitas tadi, pikiran akan teralihkan dan jadi lebih rileks saat terbang. So, fly safe! (ZA)

Share This Article