Pemula? Lakukan Persiapan Mendaki Gunung Berikut | Breaktime
Pemula? Lakukan Persiapan Mendaki Gunung Berikut!
09.11.2016

Untuk Anda yang memiliki hobi berpetualang, mendaki gunung tentu memberikan tantangan tersendiri, B’timers. Dan melakukan aktivitas menyenangkan ini membutuhkan kondisi fisik yang ekstra prima. Hal ini diperlukan karena Anda akan berhadapan langsung dengan alam liar. Nah, bagi pendaki pemula, ada baiknya mengintip persiapan mendaki gunung di bawah ini sebelum berpetualang, B’timers!

Pemula? Lakukan Persiapan Mendaki Gunung Berikut | Breaktime
Kenakan sepatu yang nyaman agar tidak kesulitan di perjalanan

Tentukan apakah akan mendaki sendiri atau dengan grup

Sebelum kita pergi mendaki, tetapkan terlebih dahulu apakah pendakian yang akan dilakukan ini adalah pendakian sendiri atau pendakian massal. Namun untuk Anda pendaki pemula, sebaiknya jangan pernah mendaki seorang diri. Terutama jika Anda tidak begitu mengenal medannya.

Tentukan gunung yang akan didaki dan waktu pendakiannya

Dan setelah menentukan poin pertama, tentukan gunung mana yang ingin Anda daki dan pastikan kapan waktu mendakinya. Pastikan Anda tidak memilih waktu pendakian ketika cuaca buruk, B’timers. Selain lebih aman, mendaki saat musim kemarau lebih mudah.

Baca juga : HAL YANG HARUS DILAKUKAN JIKA KETINGGALAN PESAWAT

Carilah informasi mendetail tentang gunung yang akan didaki

Jika sudah mengetahui tujuan gunung yang ingin Anda daki, jangan lupa mencari informasi sebanyaknya. Informasi bisa Anda dapatkan dari internet maupun pengalaman orang yang sebelumnya telah mendaki terlebih dahulu. Jangan sampai melewatkan informasi sekecil apapun tentang tujuan pendakian Anda.

Pemula? Lakukan Persiapan Mendaki Gunung Berikut | Breaktime
Kerja sama saat mendaki gunung sangat penting, lho, B’timers!

Jangan lupa mempersiapkan kesehatan fisik sebelum mendaki

Kondisi fisik adalah yang paling utama jika Anda memutuskan untuk pergi mendaki gunung, B’timers. Ini yang masih sering diabaikan banyak pendaki. Padahal ketika pergi mendaki dengan kondisi fisik yang buruk, justru bisa membahayakan. So, jangan lupakan persiapan mendaki gunung yang satu ini.

Buatlah daftar barang bawaan wajib yang harus Anda bawa serta

Selain pakaian yang nyaman, sepatu gunung yang sesuai, Anda juga harus memastikan membawa semua perlengkapan dan kebutuhan mendaki yang diperlukan, B’timers. Mulai dari senter atau head lamp, jas hujan, sarung tangan dan kaos kaki. Juga tenda dan perlengkapan tidur jika akan berkemah.

Nah, jangan lupa persiapan mendaki gunung yang dijelaskan di atas jika Anda ingin pergi berpetualang ke puncak, ya, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE