Pemula Camping di Hutan? Kuatkan Mental Dulu, ya | Breaktime
Pemula Camping di Hutan? Kuatkan Mental Dulu, ya
12.06.2017

Bagi kebanyakan orang, pergi camping adalah untuk menemukan kedamaian sejati sekaligus keselarasan dengan alam, B’timers. Menikmati malam di tengah hutan hanya bertemankan sepi dan dekapan warna alami yang memabukkan, memang dapat memberikan kepuasan tersendiri. Apalagi di saat pagi perlahan mulai menjelang, harmoninya seolah tak dapat diungkapkan dengan untaian kata, lho.

Namun tidak semua orang memiliki pengalaman dan keberanian yang cukup besar untuk menantang diri berada di dunia liar hanya dengan bermodalkan nekat, B’timers. Bayangan, bagaimana apabila tiba-tiba hewan buas di hutan datang menghampiri Anda yang tengah terlelap dalam tenda. Bantuan terdekat di saat itu hanyalah diri Anda dan teman-teman setenda.

Jadi, daripada tenggelam dalam kebimbangan tak jelas seperti itu, di bawah ini ada beberapa tips untuk membantu Anda menguatkan mental sebelum mulai berkemah di hutan untuk yang pertama kalinya:

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
10 Tips Lancar Puasa Saat Traveling Ramadhan

Lupakan stress ball ataupun bantal bulu angsa yang bisa Anda gunakan untuk menutupi teriakan jengkel yang ada di kamar, deh. Saat Anda memutuskan untuk berkemah, terlebih di hutan, berarti Anda sudah memilih untuk mendekap alam terbuka tanpa ada satupun fasilitas yang membantu Anda untuk merasa kenyamanan dan juga bersantai, B’timers.

Pemula Camping di Hutan? Kuatkan Mental Dulu, ya | Breaktime
Kemah berarti meninggalkan kenyamanan Anda di rumah

Dan bukan hanya menjadi cara terindah untuk melarikan diri dari kekangan rumah, lho, B’timers. Kemah sudah terbukti sangat baik untuk kesehatan Anda. Selama perjalanan trekking, Anda bakal bersentuhan dengan sinar matahari yang menyehatkan. Dan berjalan hingga lokasi kemah juga baik untuk kesehatan tubuh, lho. Karena itulah sebaiknya Anda mempersiapkan kondisi fisik sebaik mungkin sebelumnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Situs Travel Hotel dan Penerbangan Untuk Mudik

Tahukah Anda jika selama Anda melakukan perjalanan menuju lokasi kemah, tubuh Anda akan langsung memproduksi hormon serotonin yang terbukti dapat membantu mengurangi stres yang selama ini telah mengganggu kehidupan Anda, B’timers. Meningkatnya produksi hormon yang satu ini dapat membantu memperbaiki mood. Tak heran jika berkemah sangat disarankan untuk semua orang.

Pemula Camping di Hutan? Kuatkan Mental Dulu, ya | Breaktime
Sesekali ajak juga buah hati untuk merasakan kehidupan di hutan

So, untuk memastikan rencana berlibur Anda penuh dengan kesan dan tak terlupakan, Anda wajib tahu beberapa tips dan panduan sebelum mulai berkemah, B’timers. Cari informasi seberapa luas ruangan di dalam hutan untuk Anda dan kelompok. Anda juga perlu mengetahui berapa lama Anda akan berkemah nantinya. Sebaiknya berhati-hati dengan jumlah bawaan, terlebih jika kondisi jalan mendaki, B’timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Diare Saat Travelling, No Way! Ikuti Tips Ini

Pilihlah ransel berdasarkan berapa lama Anda melakukan perjalanan. Volume kemasan diukur di dalam liter. Dan ukuran 60 – 80 liter sangat cocok untuk waktu perjalanan 2 – 5 hari. Jika Anda menuju lokasi dengan mengemudikan kendaraan, persiapkan juga perbekalan. Bekal makanan dan pakaian untuk hari Anda di perkemahan sangat penting untuk kelangsungan liburan Anda.

Pemula Camping di Hutan? Kuatkan Mental Dulu, ya | Breaktime
Perhatikan ukuran ransel dan seberapa banyak bawaan Anda, ya?

Usahakanlah untuk kebutuhan anda tidur nyenyak di sana. Tenda, kantung tidur, alas tidur serta bantal yang bisa membantu Anda mendapatkan sedikit kenyamanan di dunia liar, B’timers. Pastikan juga yang Anda bawa tahan terhadap segala cuaca. Anda tentu tak ingin jika di tengah-tengah acara kemah Anda terganggu karena tiba-tiba turun hujan yang cukup deras hingga banjir tak terbendung, kan?

Tak kalah penting, adalah kesiapan mental Anda. Jika perlu ajak teman yang telah memiliki pengalaman dalam berkemah di hutan, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE