Oleh-Oleh Surabaya Wakili Keunikan Kuliner Kota | Breaktime
Oleh-Oleh Surabaya Wakili Keunikan Kuliner Kota
28.10.2017

Surabaya sudah lama dikenal sebagai salah satu kota wisata di Indonesia yang menawarkan pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Selama berada di Kota Pahlawan, Anda bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata terkenal seperti Pantai Kenjeran, Kebun Binatang Surabaya, Taman Bungkul, dan tempat wisata seru lainnya yang pastinya tak bakal cukup dijelajahi dalam waktu sehari saja! Belum lagi jika sudah saatnya mencari oleh-oleh Surabaya. Wah, semakin seru deh liburan Anda.

Memilih oleh-oleh Surabaya memang terbilang susah-susah gampang. Ingin membelikan baju? Belum tentu ukuran pakaian yang Anda beli sesuai dengan ukuran tubuh orang yang akan Anda beri. Bisa juga kan mereka memiliki selera fashion yang berbeda? Sedangkan memberikan sebuah gantungan kunci saja terasa kurang pantas. Selera orang memang punya selera berbeda-beda, B’Timers. Tapi tidak ada yang tidak menyukai makanan, kan?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Singapura Punya Destinasi Gratis & Instagramable

And luckily, di Surabaya ada banyak sekali sentra kuliner oleh-oleh yang worth it banget untuk Anda bawa pulang. Salah satu jajanan oleh-oleh yang paling terkenal di kota tersebut adalah Almond Crispy. Almond Crispy adalah sejenis kue lekker yang terbuat dari telur, tepung, gula, dan susu bubuk.

Berbentuk lempengan kue tipis, kue ini terasa sangat renyah di dalam mulut Anda. Belum lagi ditambah dengan 3 varian rasa, yaitu original, cokelat, dan greentea yang ditaburi dengan potongan kacang almond dan serutan keju sebagai topping. Hmmm, semakin membuat Anda ketagihan untuk menyantapnya lagi dan lagi. Almond crispy saat ini sudah banyak dijual dan memiliki ratusan kemasan. Tapi jika Anda penasaran dengan almond crispy pertama di Surabaya maka datanglah ke pusat oleh-oleh Wisata Rasa  yang terletak di Jl. Genteng Besar No. 83A, Surabaya.

Oleh-Oleh Surabaya Wakili Keunikan Kuliner Kota | Breaktime
cita rasa legit dari oleh-oleh Surabaya (cr. Foody.id)

Ingin tahu jenis oleh-oleh tertua di Surabaya tapi tetap awet hingga sekarang? Mampirlah untuk membeli kue spiku di Spikoe Resep Kuno. Kue lapis Surabaya yang dijual oleh toko ini menggunakan resep keluarga turun-temurun, lho. Dan karena menggunakan telur dalam jumlah banyak, tak heran jika rasa dari spikoe ini sangatlah gurih dan empuk. Ada banyak sekali varian rasa spiku yang ditawarkan, tapi kalau Anda ingin tahu rasa spiku yang paling direkomendasikan maka jawabannya adalah spikoe raisin, yaitu kue spiku yang disisipi dengan selai buah dan potongan buah kismis. Yum!

Dulunya, Spikoe Resep Kuno mengalami masa kejayaan di tahun 1976 sebelum pada akhirnya tutup di tahun 1982. Baru kemudian di tahun 2002, sang anak tertua memutuskan untuk membuka kembali toko tersebut dengan tetap mempertahankan resep keluarga. Dan sampai saat ini Spikoe Resep Kuno jadi salah satu oleh-oleh yang paling direkomendasikan bagi para wisatawan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Etika Yang Benar Memberi Tip Di Beberapa Negara

Nah, jika teman atau keluarga Anda termasuk orang yang suka dengan hidangan gurih, coba deh berikan oleh-oleh kerupuk ikan khas Kenjeran. Kerupuk ikan ini hampir semuanya diproduksi sendiri  oleh warga sekitar Pantai Kenjeran dan dijual di sepanjang jalan menuju Pantai Kenjeran. Tidak hanya keripik ikan, Anda juga bisa mencicipi kerupuk rumput laut yang tak kalah gurihnya.

Kerupuk ikan ini juga dikemas dengan warna-warna yang menarik dan unik seperti warna hitam dan hijau. Tapi Anda tidak perlu khawatir, B’Timers. Bahan pewarna yang digunakan untuk kerupuk ikan ini terbuat dari bahan-bahan alami lho. Misalnya, untuk kerupuk warna hitam warga menggunakan tinta cumi-cumi sebagai pewarna.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Siasati Budget Wisata Kuliner demi Liburan Irit

Sedangkan untuk kerupuk rumput laut yang berwarna hijau, bahan pewarna didapatkan dari zat hijau daun (klorofil) yang terdapat pada rumput laut. Tak hanya dalam keadaan matang, Anda juga bisa membeli kerupuk ikan dalam keadaan mentah untuk nanti Anda goreng sendiri di rumah.

Saatnya berburu oleh-oleh Surabaya, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE