Nggak Usah Panik, Ini Wajib Dilakukan Di Bandara | Breaktime
Nggak Usah Panik, Ini Wajib Dilakukan Di Bandara!
31.07.2017

B’timers, masih ingat tragedi serangan teroris 9/11 silam? Sejak insiden tersebut, hampir seluruh bandara di berbagai belahan dunia berupaya meningkatkan sistem keamanan mereka dengan drastis, terutama bagi penumpang penerbangan Internasional. Meski Anda merasa tidak membawa barang berbahaya dan hanya bepergian dalam negeri, ada baiknya Anda menyimak tips-tips berikut dalam melewati pemeriksaan keamanan di bandara dengan lancar untuk menjadikan perjalanan Anda tetap aman dan menyenangkan. Beberapa negara memiliki kebijakan tersendiri dalam hal airport security check. Sangatlah penting bagi Anda memahami prinsip utama dalam pemeriksaan keamanan umum maupun khusus di setiap bandara untuk mempercepat dan mempermudah proses pemeriksaan keamanan Anda.

Sebelum ke Bandara

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum berangkat ke bandara ialah mempersiapkan barang bawaan Anda dengan seksama. Sebelum bepergian ke negara tertentu, pastikan terlebih dahulu bagaimana sistem keamanan di tiap bandara yang akan Anda kunjungi. Bawalah barang secukupnya dan yang paling Anda perlukan selama di tempat tujuan. Untuk mencegah kelebihan kapasitas bagasi, jangan membawa barang yang bisa dibeli dengan mudah di tempat tujuan. Jangan membawa barang yang sejak awal Anda sendiri merasa ragu untuk membawanya. Masukkan setiap barang ke dalam travel bag atau koper dengan rapi dan terorganisir.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
to Go In Bali? Jawabnya Tak Sekedar Pantai

Dengan demikian, ketika pertugas keamanan bandara merasa perlu membongkar barang bawaan Anda, proses tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Obat-obatan sebaiknya disimpan dalam kemasan asli yang disertai label. Cairan dan gel juga memiliki aturan penyimpanan tertentu, seperti harus berada dalam botol berukuran maksimal 30 ml dan diletakkan dalam kantung plastik transparan. Terdapat beberapa pengecualian, seperti cairan obat atau susu formula.

Identitas Pribadi

Sebelum mengantri di security line, pastikan Anda telah memegang boarding pass dan kartu identitas yang diperlukan, seperti KTP atau Paspor. Jangan memperpanjang proses pemeriksaan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya dengan tergopoh mencari kartu identitas ketika telah berada di dalam antrian. Simpan kembali boarding pass dan kartu identitas Anda dalam tempat yang aman setelah melewati meja pemeriksaan, serta pastikan Anda dapat dengan mudah mengambilnya saat melalui tahap pemeriksaan keamanan yang selanjutnya. Bagi penumpang anak-anak, kartu identitas berupa Paspor sangatlah diperlukan saat melakukan penerbangan Internasional. 

Nggak Usah Panik, Ini Wajib Dilakukan Di Bandara | Breaktime
Patuhi peraturan pemeriksaan di bandara!
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Juanda Masuk Top Bandara Paling On Time di Dunia

Pakaian dan Aksesoris selama Bepergian dengan Pesawat

Sebelum mengantri di meja pemeriksaan keamanan, masukkan telepon genggam ke dalam tas atau tray penyimpanan barang yang akan melewati mesin x ray. Lepaskan seluruh aksesoris sesuai ketentuan, seperti jam tangan, sabuk, atau aksesoris apapun yang mengandung logam lalu pisahkan dalam tray yang telah disediakan. Saat ini di beberapa bandara di Indonesia juga telah diterapkan aturan baru untuk mengeluarkan laptop dari dalam tas untuk diperiksa secara terpisah di dalam mesin x ray.

Beberapa bandara di negara tertentu akan meminta para penumpang untuk melepas sepatu pada saat tahap pemeriksaan keamanan. Karena itu, B’timers, untuk kenyamanan Anda, kenakan sepatu yang dapat dengan mudah dilepas dan dipakai kembali sambil berdiri di dalam antrian, tanpa harus repot membungkuk atau melepas tali sepatu. Tentunya Anda juga wajib mengenakan alas kaki yang nyaman untuk dipakai berdiri dalam waktu yang cukup lama ya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bandara Asia Tenggara dengan Runway Terpanjang

Lalui Proses Pemeriksaan dengan Tenang

Jangan memikirkan hal lain dan fokuslah kepada tahap pemeriksaan keamanan yang akan Anda lalui. Perhatikan setiap papan petunjuk dan aba-aba dari petugas keamanan bandara. Mengantrilah di security line sesuai dengan arahan petugas. Jangan ragu untuk bertanya dan meminta bantuan petugas keamanan terkait barang bawaan Anda agar tidak terjadi kesalahpahaman selama proses pemeriksaan.

Taati setiap peraturan keamanan yang ada dan jangan berdebat dengan petugas keamanan utuk memperlancar proses pemeriksaan keamanan Anda. Perlu Anda ingat ya, B’timers, petugas keamanan bandara bertugas menjaga keamanan perjalanan Anda, bukan untuk menakuti apalagi mengganggu kenyamanan Anda. Cobalah untuk tidak terlihat panik dan grogi agar tidak mudah dicurigasi oleh petugas keamanan. Bersikaplah tenang saat mengantri dan yakinkan diri Anda bahwa Anda tidak membawa barang berbahaya.

Terakhir, nikmati proses pemeriksaan keamanan di bandara sebagai bagian dari perjalanan Anda. Alih-alih merasa nervous apalagi tertekan karena proses pemeriksaan dan petugas keamanan yang nampak menakutkan, pikirkan perjalanan yang akan atau telah Anda lalui. Selain itu, jangan sesekali mencoba bercanda mengenai barang berbahaya seperti senjata tajam atau bom karena akan berisiko menyebabkan Anda ditahan petugas keamanan hingga ketinggalan penerbangan bahkan diproses secara hukum. Selamat bepergian serta melewati proses pemeriksaan keamanan di bandara dengan lancar ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE