Naik Kendaraan Pribadi Malam Hari? Ini Tipsnya! | Breaktime
Naik Kendaraan Pribadi Malam Hari? Ini Tipsnya!
12.09.2016

Paling sebal, ketika harus berkendara di malam hari, kan, B’timers? Well, berkendara dengan kendaraan umum maupun pribadi, jika berangkat malam hari, pastinya sedikit kurang menyenangkan. Padahal jika kita bepergian di malam hari memiliki lebih banyak keuntungan, lho. Misalnya terhindar dari kemacetan. Nah, untuk mengatasinya, intip tips berkendara di malam hari berikut ini, yuk, B’timers!

Naik Kendaraan Pribadi Malam Hari? Ini Tipsnya! | Breaktime
Jika mengantuk, berhenti dan beristirahatlah

Bersahabat dengan malam dan kegelapan

Well, bahaya berkendara di malam hari terbukti jauh lebih banyak daripada siang hari, lho. Rasa kantuk dan lelah yang menyerang menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, tidak terlatih pengelihatan Anda melihat penerangan dalam kegelapan, juga bisa mengganggu. Nah, sebaiknya jaga kecepatan, B’timers.

Jangan pakai kacamata yang tidak tepat

Pernah melihat iklan mengatakan, bahwa kacamata hitam kuning akan membantu melihat lebih baik di malam hari, B’timers? Jangan percaya hal tersebut. Kacamata hitam hanya akan membuat Anda tak bisa melihat cahaya di depan. Pilih kacamata berlapisan pelindung yang memantulkan cahaya menyilaukan.

Usahakan tak memandang cahaya langsung

Lampu yang sangat terang akan mengganggu konsentrasi Anda berkendara di malam hari, B’timers. Di dalam mobil, mata Anda sudah terbiasa dengan cahaya redup yang ada di dashboard mobil. Dan sangat mudah bagi Anda untuk terganggu ketika menatap tanda jalan atau lampu yang bersinar terlalu terang.

Naik Kendaraan Pribadi Malam Hari? Ini Tipsnya! | Breaktime
Hindari berkendara sambil bermain ponsel

Lap kaca depan mobil dengan kertas koran

Meskipun Anda bisa melihat dengan jernih melalui kaca depan mobil di siang hari, tidak berarti kaca itu tidak kotor, lho, B’timers. Apalagi ketika Anda berpapasan dengan kendaraan lain, cahaya dari lampu akan membuat Anda semakin silau menatap ke depan. Jangan pernah mengusap kaca dengan tangan.

Beristirahatlah jika dirasa kantuk sudah berat

Anda mungkin tengah mengejar waktu, karena itu memilih untuk berkendara di malam hari. Tapi jangan juga memaksakan diri Anda, B’timers. Ketika rasa kantuk Anda sudah terlalu berat dan tak tertahankan, jangan paksakan diri. Segera carilah tempat beristirahat dan regangkan tubuh Anda sejenak di sana.

Sebenarnya berkendara di malam hari memiliki jauh lebih banyak keuntungan. Tapi jangan Anda abaikan kondisi fisik sebelum berangkat, ya, B’timers? (NO)

Share This Article