Mudik Pakai Motor Boleh Saja, Tapi Simak Dulu Kiat Amannya | Breaktime
Mudik Pakai Motor Boleh Saja, Tapi Simak Dulu Kiat Amannya
25.06.2015

Lebaran adalah momen temu kangen yang selalu ditunggu dalam 1 tahun. Tak heran jika banyak yang rela berdesak-desakan untuk antre tiket kereta atau pesawat demi bisa mudik ke kampung halaman. Banyak juga yang rela menempuh perjalanan jauh dengan motor untuk bertemu keluarga saat Lebaran.

Nah, untuk B’timers yang juga berencana mudik dengan motor, yuk simak dulu kiat aman dari Breaktime berikut ini:

Lakukan perawatan menyeluruh pada motor

Cek motor secara menyeluruh
Cek motor secara menyeluruh

Beberapa hari sebelum melakukan perjalanan yang jauh, lakukan pengecekan kondisi kendaraan. Mengganti oli, memeriksa tekanan dan kondisi ban, dan mengecek rantai wajib dilakukan. Apabila Anda kurang paham dengan mesin, bawa saja ke bengkel langganan.

Bawa obat pribadi

Karena kondisi cuaca yang tidak menentu, terkadang kondisi tubuh juga mudah drop. Oleh karena itu, selalu bawa obat pribadi mulai dari pereda nyeri, obat demam, hingga antibiotik. Dan jangan lupa untuk membawa obat tetes mata. Saat dalam perjalanan, tidak jarang debu akan masuk ke mata dan membuat iritasi yang bisa mengganggu pandangan saat berkendara.

Pakai perlengkapan keamanan standar

Pakai perlengkapan standar
Pakai perlengkapan standar

Mengingat Anda akan melakukan perjalanan jauh, tentu saja hal yang perlu diperhatikan adalah keselamatan pribadi. Jangan lupa untuk memakai helm SNI, jaket, sepatu, sarung tangan, masker, serta jas hujan yang harus sudah siap sedia di dalam jok motor. 
Perhatikan kapasitas barang bawaan

Bukan menjadi pemandangan yang baru apabila melihat pemudik motor membawa barang yang terkadang melebihi kapasitas. Namun untuk keselamatan Anda, usahakan jangan lakukan hal tersebut. Selain akan menambah beban sepeda motor, membawa barang berlebihan juga akan mengurangi keseimbangan.

Patuhi peraturan lalu lintas

Salah satu penyebab terbesar terjadinya kecelakaan adalah pengabaian terhadap peraturan lalu lintas. Peraturan lalu lintas dibuat untuk mengatur jalan agar tidak semrawut dan juga lancar. Maka dari itu selalu patuhi semua peraturan di jalanan serta biasakan santun dalam berkendara.

Jika lelah, beristirahatlah

Istirahatkan tubuh untuk dapat stamina baru
Istirahatkan tubuh untuk dapat stamina baru

Dengan alasan tujuan sudah dekat atau ingin segera sampai tujuan, terkadang Anda memaksakan diri untuk tetap berkendara meskipun kondisi tubuh sudah lelah. Kondisi tubuh yang lelah sangan rentan menyebabkan kantuk dan pada akhirnya Anda sulit berkonsentrasi untuk berkendara.

Ingat B’timers, tak ada yang lebih penting selain keselamatan dan keamanan saat berada di jalan raya.

Share This Article