Menyiasati Kendala Bahasa Saat Liburan ke Jepang | Breaktime
Menyiasati Kendala Bahasa Saat Liburan ke Jepang
06.11.2017

Melakukan perjalanan wisata ke mancanegara tak hanya mengasyikkan, tapi juga memiliki berbagai kendala tersendiri. Selain berbiaya mahal, liburan ke luar negeri dengan aspek budaya yang jauh berbeda dengan negara asal seakan memiliki 2 mata pisau masing-masing. Siapa sih yang tak penasaran dengan budaya asing yang sama sekali baru dan belum pernah dijumpai? Sayangnya, perbedaan budaya tersebut juga pada akhirnya akan menyulitkan para wisatawan untuk menikmati momen liburan dengan adanya perbedaan bahasa, perbedaan geografis, hingga berbagai unsur budaya dan keseharian penduduk lokal yang bagi Anda terasa sangat asing.

Sebagai negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama, Jepang termasuk ke dalam negara yang cukup mempersulit para traveler selama menetap di Negeri Matahari Terbit tersebut. Kecanggihan sistem pendidikan di Jepang memang menjadikan banyak pelajar hingga orang dewasa di Jepang pada umumnya mampu memahami dan menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan umum. Namun bagaimana Anda dapat memesan makanan di restoran yang buku menunya menggunakan aksara kanji? Selain kesulitan berbahasa, Jepang juga menyimpan berbagai misteri unik di setiap aspek pariwisatanya, seperti hemat biaya saat menaiki kereta Shinkansen maupun makan di resto tradisional khas Jepang.

Bagi wisatawan di Jepang yang berencana melakukan perjalanan melintasi kota Tokyo maupun menjelajah ke seluruh pelosok negeri, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli Japan Rail Pass. Tiket tersebut akan mempermudah transportasi Anda selama di Jepang karena B’tiemrs dapat melakukan perjalanan tanpa batas dengan menggunakan seluruh jalur kereta, kecuali Shinkansen yang melalui Nozomi dan Mizuho. Sesuaikan pembayaran JR Pass Ada dengan durasi liburan Anda di Jepang dan dapatkan kemudahan transportasi tanpa batas selain menggunakan kereta, seperti dengan bud an kapal ferry yang beroperasi di bawah sistem Japan Rail.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Menginap Murah Di Nusa Dua Ala Ransel
Menyiasati Kendala Bahasa Saat Liburan ke Jepang | Breaktime
Kereta Shinkansen yang tengah melintasi Gunung Fuji

Tak hanya mempermudah akses transportasi, penggunaan JR Pass juga dapat memangkas anggaran liburan Anda dalam nominal yang lumayan. Untuk kemudahan akses secara lebih lanjut, Anda bisa memakai HyperDia yang juga tersedia dalam bentuk aplikasi pada telepon pintar untuk mendapatkan jadwal perjalanan sarana transportasi publik secara akurat. HyperDia juga memungkinkan Anda mencari sarana transportasi terdekat dengan destinasi wisata yang Anda tuju lho! Agar lebih murah, lakukan pembelian JR Pass jauh-jauh hari sebelum kedatangan Anda di Jepang ya, B’timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wisata Danau untuk Keluarga ke Labuan Cermin

Untuk beberapa area di Jepang maupun sarana transportasi tertentu yang tidak tercakup dalam penggunaan JR Pass, penduduk setempat biasanya menggunakan kartu khusus bernama Pasmo dan Suica. Berfungsi serupa dengan penggunaan MetroCard di New York, Amerika Serikat, kedua kartu tersebut memberikan akses tanpa henti dalam menggunakan transportasi publik hingga menghemat waktu dan kerumitan saat menggunakan sistem trasnportasi umum di Jepang. Pasmo dan Suica akan jauh lebih bermanfaat apabila Anda melakukan perjalanan jarak pendek dengan menggunakan kereta atau bus yang tidak tercakup dalam JR Pass, naik taksi, hingga membayar di vending machine dan minimarket.

Untuk menelusuri pelosok terjauh Jepang, tak ada salahnya B’tiemrs memanfaatkan berbagai promo yang sering diberikan oleh maskapai penerbangan JAL dan ANA untuk jalur penerbangan dalam negeri. Mulai dari 10.800 YEN atau sekitar US$95, biaya tersebut terhitung murah bahkan efisien apabila Anda harus menyeberangi Kepulauan Jepang dalam waktu singkat untuk mencapai destinasi wisata yang letaknya berjauhan. Kota-kota seperti Hokkaido, Okinawa, dan Fukuoka memang terletak di perimeter terluar Jepang sehingga akan memakan banyak waktu apabila harus ditempuh lewat jalur darat. Untuk perjalanan yang lebih mudah dan murah, lakukan reservasi penerbangan di kedua maskapai tersebut sejak dari negara asal Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Simpan Perhiasaan Untuk Traveling Tetap Chic

B’timers yang ingin berlibur ke Jepang memang tak perlu mempelajari segala seluk-beluk bahasa Jepang secara menyeluruh. Meski demikian, tak ada salahnya Anda mempelajari beberapa sapaan dan istilah percakapan umum dalam Bahasa Jepang untuk mempermudah komunikasi. Meski kebanyakan petugas di tempat umum hingga tempat wisata biasanya mampu berbahasa Inggris, berbicara dalam Bahasa Jepang sederhana tentunya akan meningkatkan rasa hormat mereka kepada Anda. Istilah umum seperti “maaf” atau “permisi” dalam Bahasa Jepang juga pasti akan bermanfaat saat Anda harus berinteraksi atau tak sengaja bertabrakan dengan penduduk lokal yang belum tentu menguasai Bahasa Inggris. 

Menyiasati Kendala Bahasa Saat Liburan ke Jepang | Breaktime
Pemandangan hiruk-pikuk jalanan Akihabara di malam hari

Sambil menunggu fitur canggih Pixel Buds dalam ponsel pintar keluaran Google, B’timers juga bisa memanfaatkan aplikasi Waygo untuk menerjemahkan buku menu di restoran lokal yang didominasi aksara kanji. Anda cukup mengambil gambar menu lalu aplikasi Waygo akan membantu Anda menerjemahkan setiap jenis hidangan yang tertera dalam buku menu. Meski aplikasi tersebut tak sepenuhnya akurat dan masih memerlukan Anda untuk melakukan penafsiran bebas, aplikasi tersebut sangatlah bermanfaat bagi Anda yang sama sekali tidak memahami bahasa Jepang maupun aksara kanji.   Semoga liburan Anda di Jepang mneyenangkan ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE