Menguak Pantangan Obyek Wisata Yogyakarta | Breaktime
Menguak Pantangan Obyek Wisata Yogyakarta
12.09.2017

Yogyakarta bisa dibilang sebagai magnet wisata di Pulau Jawa. Kota ini tak hanya mempesona dari segi destinasinya saja, tetapi juga budaya yang masih sangat kental dan dipertahankan hingga kini. Tak heran jika banyak obyek wisata Yogyakarta yang masih sangat identik dengan wisata budaya. Yogyakarta juga menjadi kota yang selalu membuat siapapun ingin kembali. Suasana kota yang nyaman dan masyarakatnya yang ramah selalu bikin betah.

Meski ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara, untuk liburan ke Jogja tetap saja tak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus B’timers siapkan dan harus Anda ketahui. Daripada hanya penasaran, langsung saja yuk simak tips liburan ke Jogja berikut ini.

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah anggaran. Jelas saja, bagaimana bisa liburan kalau nggak ada anggaran. Untuk masalah keuangan, Anda harus bisa menyesuaikan dengan gaya liburan. Tetapi tak perlu khawatir karena Jogja termasuk kota dengan biaya hidup yang murah. Transportasi, akomodasi, dan makanan tak akan membuat dompet terkuras.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Liburan Seru ke Tempat Wisata di Medan

Untuk masalah transportasi ke Jogja juga harus Anda sesuaikan darimana Anda berasal. Misalnya dari Jakarta, Surabaya, atau Bandung ada banyak pilihan transportasi seperti pesawat terbang, kereta api, dan bus. Sedangkan dari luar pulau Jawa hanya bisa menggunakan pesawat terbang. Yang paling penting adalah sesuaikan semuanya dengan budget Anda.

Kalau urusa akomodasi selama di Jogja, juga bisa disesuaikan dengan budget dan gaya liburan. Untuk backpacker, paling aman adalah menginap di kawasan Sosrowijayan. Lokasi tengah kota yang sangat strategis dengan penginapan yang nyaman dan harga aman. Untuk transportasi selama di Jogja, paling nyaman adalah menggunakan sepeda motor. Selain biaya sewa yang murah, Anda juga tak akan terjebak macet di beberapa ruas jalan. Tetapi, kalau ada dana lebih sih nggak masalah untuk menyewa mobil.

Menguak Pantangan Obyek Wisata Yogyakarta | Breaktime
Beberapa obyek wisata Yogyakarta punya pantangan
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Ini Rahasia Murah Wisata Lombok!

Sebelum pergi ke Jogja, Anda juga harus tahu akan pergi kemana saja selama di sana. Prepare obyek wisata Yogyakarta yang akan dikunjungi akan lebih baik. Jadi selama di sana Anda tidak perlu bingung akan pergi kemana. Jangan lupa juga untuk kenali iklim di Jogja. Hawanya yang cukup panas dan lembab bisa menjadi patokan untuk Anda membawa pakaian yang seperti apa.

Terakhir, Anda juga harus mengetahui pantangan-pantangan apa saja yang dilarang selama berwisata di Jogja. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa Jogja sangat kental dengan kebudayaan masa lalu, sehingga masih banyak kepercayaan nenek moyang yang harus ditaati. Apa saja, ya kira-kira?

1. Larangan memakai batik motif garuda ke Kraton Jogja

Saat ini, Anda sudah bisa mengunjungi Kraton Jogja untuk wisata budaya. Sistem pemerintahan berupa kerajaan masih dianut oleh masyarakat Kota Pelajar ini. Tetapi, untuk masuk ke Kraton ada aturannya. Jangan sekali-sekali memakai batik bermotif garuda. Batik motif ini merupakan pakaian Sri Sultan Hamengkubuono. Konon, kalau Anda memakai jenis pakaian yang sama saat bertandang ke Kraton akan kualat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Orang Cina Identik dengan Gila Kerja, Kenapa Ya?

2. Larangan memakai baju warna hijau dan merah saat ke pantai di Jogja

Warna hijau dipercaya sebagai busana kebesaran Nyi Roro Kidul. Konon, jika wisatawan melanggar, ombak pantai selatan akan menyeret orang yang memakai baju warna hijau tersebut.

3. Larangan membawa pasangan ke beberapa tempat wisata

Kalau di Jogja, memang banyak tempat yang dianggap keramat. Beberapa di antaranya adalah Ratu Boko dan Candi Prambanan. Saat liburan ke dua tempat ini sebaiknya jangan membawa pasangan, deh. Karena kalau tidak Anda dan pasangan tidak akan langgeng alias putus. Sebenarnya itu hanya mitos, karena jodoh hanya ada di tangan Tuhan.

Nah, setelah tahu beberapa tips wisata dan larangan saat ke beberapa obyek wisata Yogyakarta, Anda jadi bisa liburan dengan aman dan tetap menyenangkan. Ada rencana ke Jogja dekat-dekat ini? (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE