Mau Traveling Selama Ramadan? Boleh, Jangan Lupa Perhatikan 5 Hal Ini | Breaktime
Mau Traveling Selama Ramadan? Boleh, Jangan Lupa Perhatikan 5 Hal Ini
25.06.2015

Ramadan adalah bulan ibadah dan berpuasa selama satu bulan penuh. Namun bukan berarti selama bulan Ramadan kita tidak bisa melakukan perjalanan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan kita di bulan Ramadan bisa berjalan lancar, tanpa mengganggu ibadah puasa, bahkan bisa menambah amalan di bulan yang suci ini.

Berikut beberapa tips agar perjalanan B'timers tetap nyaman selama puasa Ramadan:

Pentingnya sahur

Ketika sedang puasa, kita tidak bisa makan dan minum saat dalam perjalanan di siang hari. Karena itu, makan sahur sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh. Sahur tak harus banyak dan terlalu kenyang, tetapi perhatikan komposisi karbohidrat, protein, dan perbanyak minum air putih untuk menjaga kebugaran tubuh selama aktivitas di siang hari.

Pilih aktivitas

Pilih aktivitas yang sesuai dengan kondisi tubuh saat puasa. Hindari aktivitas yang membutuhkan banyak energi, seperti trekking atau naik gunung, atau aktivitas air seperti berenang, snorkeling, dan diving. Pilih jenis traveling seperti city tour, mengunjungi museum, art gallery, perpustakaan, pusat kerajinan tangan, dan sejenisnya.

Hindari kalap saat berbuka

Menjelang jam berbuka, hampir di tiap kota yang anda singgahi akan penuh dengan penjual takjil atau menu berbuka puasa. Beragam menu disajikan, dari yang biasa sampai makanan lokal yang menggugah selera. Pilih menu yang sehat dan lokasi yang bersih. Hindari makan dan minum secara berlebihan saat berbuka. Mulai dengan hidangan yang manis dan akhiri dengan menu penutup usai sholat tarawih.

Mau Traveling Selama Ramadan? Boleh, Jangan Lupa Perhatikan 5 Hal Ini

Sesuaikan waktu perjalanan

Saat puasa, ritme kita berubah, terutama saat makan sahur dan waktu berbuka. Sangat penting untuk menyesuaikan jam perjalanan dengan waktu-waktu tersebut. Atur waktu keberangkatan dan kedatangan di kota tujuan dengan waktu sahur atau berbuka. Bila menggunakan mobil pribadi, kita bisa mengira-ngira lokasi rest area ketika mendekati waktu berbuka.

Perbanyak kajian agama

Puasa erat kaitannya dengan kajian Islam dan kegiatan sosial. Ada banyak masjid dan lembaga lainnya yang mengadakan kegiatan seperti pengajian, ceramah Islami, hingga bakti sosial dan pengumpulan zakat. Kita bisa memilih lokasi-lokasi yang mengadakan kegiatan tersebut untuk menambah ilmu agama.

Dengan beberapa tips di atas, B'timers tetap bisa traveling dan puasa dengan nyaman dan lancar selama bulan Ramadan.

Share This Article