4 Komponen Mobil Wajib Agar Mudik Lancar | Breaktime
Mau Mudik Lancar dan Bebas Hambatan? Ganti Dulu Komponen-Komponen Mobil Anda Ini!
02.07.2015

Hello B'timers! Kurang beberapa hari lagi Lebaran akan segera tiba. Bagi Anda yang saat ini berdomisili di sejumlah kota-kota metropolitan, apakah sudah ada agenda untuk melakukan mudik ke kampung halaman? Bila Anda memilih mudik dengan menggunakan mobil sendiri, jangan lupa ganti sejumlah komponen penting berikut ini sebelum berangkat:

Oli

Kapan terakhir kali Anda mengganti oli mesin? Bila selama ini Anda jarang melakukannya, ganti secepatnya. Umumnya, Anda perlu mengganti oli mesin paling tidak satu atau tiga kali sebulan.

Baca Juga : MUDIK DENGAN MOTOR ATAU MOBIL PRIBADI? PERHATIKAN 3 FAKTOR INI

Namun, sebelum mengganti oli, ada baiknya flush mesin terlebih dulu agar pelumas bisa bekerja lebih maksimal sebelum oli lama dibuang. Selain itu, ganti pula filter oli gardan dan oli transmisi. Dua oli tersebut sangat perlu diganti setiap mobil mencapai jarak tempuh 20 ribu km.

Ban

Periksa permukaan dan warna ban dengan baik
Periksa permukaan dan warna ban dengan baik

Bila ban mobil Anda dalam keadaan halus, terdapat benjolan di luar permukaan ban, atau ban dalam pernah bocor dua kali, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menggantinya. Selain itu, ban yang baik memiliki warna hitam yang tajam. Bila sudah pudar, bisa jadi ban tersebut sudah rapuh terkena panas dan rawan retak saat digunakan.

Rem

Periksa kondisi rem mobil Anda. Segera ganti selang dan master rem bila memang ada indikasi kebocoran. Selain itu, cek pula volume minyak rem. Jika tinggal sedikit, jangan ragu untuk menambahkannya.

Beberapa tanda yang menandakan bahwa rem harus diganti adalah kedalaman pijakan rem. Semakin dalam pijakan, makin tipis pula kampas rem sehingga muncul suara bergetar. Pada kondisi ini, Anda perlu segera mengganti rem.

Aki

Sumber tenaga listrik bagi mobil ini juga perlu diperiksa dengan baik. Bila Anda memang awam dengan komponen satu ini, mintalah mekanik bengkel untuk mengecek sel-sel aki, cairan aki, maupun terminal aki.

Hal ini juga berlaku pada aki maintenance free (MF). Kondisi suhu yang berubah-ubah dan perlakuan terhadap mobil yang tidak semestinya dapat memicu kerusakan aki.

Nah, bila memang ada kerusakan pada salah satu dari empat komponen tersebut, pastikan Anda segera menggantinya. Dengan begitu, suasana perjalanan mudik akan lebih aman dan nyaman. Selamat mudik, B'timers!

Share This Article