5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Hindari Jet Lag | Breaktime
Lima Hal yang Harus Dilakukan untuk Hindari Jet Lag
26.02.2016

Pernahkah B'timers mengalami jet lag? Penerbangan panjang saat berlibur ke luar negeri dan perbedaan zona waktu seringkali membuat kita mengalami jet lag.

Tanda-tanda seseorang mengalami jet lag adalah saat tubuh bereaksi pada perubahan waktu. Akibatnya adalah menurunnya nafsu makan, rasa lesu, letih, dan sulit menyesuaikan diri saat landing di destinasi tujuan. Namun ada beberapa hal yang bisa B'timers lakukan untuk menghindari jet lag.

Olahraga Rutin

Dengan aktif dan rutin berolahraga, kondisi fisik akan terjaga dan mampu menghadapi kondisi jet lag. Usahakan rutin berolahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau berenang beberapa minggu sebelum perjalanan.

Tidur Cukup

Tidur lebih awal dan menjaga pola istirahat sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menghindari jet lag. Apabila mengalami kesulitan tidur, istirahat yang cukup sebelum dan saat terbang bisa membantu tubuh mengatasi jet lag.

Minum Cukup Air Putih

Minum air putih yang cukup sebelum dan selama penerbangan bisa membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Selain itu anda bisa melakukan sedikit aktivitas bergerak di dalam kabin, seperti berjalan ke toilet, atau mendengarkan musik agar tubuh tidak kaku dan badan tetap segar.

5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Hindari Jet Lag | Breaktime
Membuka jendela dan menikmati pemandangan dari kabin bisa mengusir jet lag

Udara Segar

Mendapatkan "udara segar" saat di dalam pesawat seperti hal yang mustahil karena kondisi kabin yang sangat kering. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka penutup jendela saat siang. Hal ini memberi kesan "segar" karena sinar matahari yang masuk ke dalam kabin. Pada malam hari, membasuh muka di toilet juga bisa memberi kesan segar pada wajah dan tubuh.

Hindari Alkohol

Mengkonsumsi alkohol sebelum atau selama penerbangan sangat tidak disarankan karena menimbulkan efek negatif pada perubahan "jam biologis" sehingga pola tidur pun terganggu.

Itulah tips-tips yang bisa B’timers lakukan untuk menghindari jet lag dan menikmati perjalanan dengan nyaman. Happy traveling. (ZA)

Share This Article

Tagging: