Liburan Ke India Tak Sembarangan, Ini Tipsnya! | Breaktime
Liburan Ke India Tak Sembarangan, Ini Tipsnya!
14.02.2017

India menjadi salah satu negara yang menjadi alternatif wisatawan untuk menikmati liburan. Ini karena ternyata India memang punya banyak destinasi yang menakjubkan. Nggak kalah dengan negara-negara lainnya, lho B’timers. Selain Taj Mahal, India menyimpan beberapa tempat lagi yang bisa dikunjungi seperti pantai, pegunungan, ataupun museum.

Tetapi masih banyak wisatawan yang bingung untuk berwisata ke India. Bukan hanya bahasa yang digunakan, tetapi juga India terkenal dengan negara yang padat dan kriminal. Tenang, B’timers karena kali ini Breaktime punya solusi traveling aman untuk yang baru pertama kali ke India.

Pertama, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, yaitu akan lebih baik kalau Anda meminta petugas hotel untuk memesan taksi atau becak motor untuk mengantar Anda ke terminal bus atau stasiun kereta. Apalagi kalau Anda memutuskan untuk keluar pada malam hari.

Nah, kalau Anda sudah naik kendaraan umum, sebaiknya mintalah untuk berhenti di suatu tempat. Maksudnya jangan pernah terlihat Anda sedang kebingungan atau tidak mempunyai tujuan. Misalnya pada saat pertama kali sampai di India dan Anda belum mendapatkan hotel yang bisa ditinggali untuk sementara waktu.

Liburan Ke India Tak Sembarangan, Ini Tipsnya! | Breaktime
Kalau traveling sendiri usahakan pergi ke tempat yang ramai (Photo by Google)

Tidak hanya saat di luar ruangan, perhatikan juga untuk tetap waspada saat Anda di kamar hotel atau penginapan. Letakkan barang-barang berharga di tempat yang aman dan terkunci. Biasanya sebuah hotel akan menyediakan brankas kecil. Ini dilakukan untuk menghindari penyusup masuk. Saat akan keluar kamar, pastikan semua aman dan terkunci dengan rapat.

Kalau misalnya Anda berada di jalan sampai malam hari dan sendirian, khususnya untuk wanita. Sebaiknya langsung putuskan untuk mencari taksi atau bus dan pergi ke restoran. Ini sama seperti yang dilakukan oleh wanita-wanita India pada umumnya.

Saat makan atau membeli sesuatu sebaiknya usahakan selalu membayar dengan uang pas. Kalau Anda memberi uang lebih, kemungkinan besar tidak akan diberi kembalian, B’timers. Kalau Anda tidak mengetahui suatu tempat, jangan pernah malu untuk bertanya pada pihak berwenang atau pada penduduk setempat. Tetapi jangan pernah menunjukkan kalau Anda baru pertama kali datang ke India.

Selain itu, cara berpakaian juga harus Anda perhatikan. Jangan pernah menggunakan pakaian yang terlalu sexy, seperti hot pants, tanktop, pakaian tipis dan tembus pandang. Disarakan Anda sebaiknya menggunakan celana panjang longgar dan T-shirt. Intinya jangan memakai pakaian yang mengundang orang lain bertindak jahat.

Liburan Ke India Tak Sembarangan, Ini Tipsnya! | Breaktime
Mulai bertanya dan berbicara dengan wanita (Photo by Google)

Terlalu ramah dengan orang lain juga sebaiknya dihindari. Walaupun itu dengan staf hotel. India tidak seperti Indonesia atau negara lainnya. Disarankan Anda untuk memulai percakapan dengan wanita. Kalau Anda lihat di kereta api saja, tidak ada wanita India yang berbicara dengan pria asing, kecuali suaminya sendiri.

Jangan sekali-sekali menatap pria India terlalu lama. Alihkan mata Anda ke lainnya dan pergi. Berlaku saja seperti orang yang cuek. Ini akan memberikan sinyal kalau Anda tidak tertarik dan tidak peduli. Sehingga mereka pun juga tidak akan berniat untuk mengganggu Anda.

Sama halnya dengan di Indonesia kalau kita dilarang untuk menerima minuman dari orang asing. Bedanya kalau di India, jangan pernah menerima minuman beralkohol dari orang asing. Wanita India saja tidak pernah minum-minum di tempat umum, baik di bar sekalipun. Jadi patut dicurigai kalau ada pria India mengajak Anda untuk minum.

Yang terpenting adalah selalu membawa ponsel dalam keadaan hidup dan aktif. Ini akan sangat berguna ketika Anda tersesat atau menghadapi masalah. Tetap waspada dan cari tahu lebih banyak kalau B’timers ingin berlibur ke India. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE