Liburan Hemat ke Luar Negeri? Ikuti 7 Tips Ini | Breaktime
Liburan Hemat ke Luar Negeri? Ikuti 7 Tips Ini
19.05.2016

Makin terjangkaunya biaya transportasi dan akomodasi membuat liburan ke luar negeri kini tak lagi semahal yang dibayangkan kebanyakan orang beberapa tahun lalu.

Banyaknya pilihan maskapai berbiaya rendah, pilihan sejumlah negara bebas visa, hingga paket liburan hemat yang ditawarkan travel fair membuat B'timers kini makin mudah beberapa kali traveling ke luar negeri dalam setahun.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila B'timers ingin melakukan beberapa perjalanan ke luar negeri dalam setahun.

Sesuaikan Budget

Realistis dalam menentukan harga dan destinasi sesuai budget adalah hal yang paling penting. Perjalanan ke Maldives atau Santorini tentu tak akan semurah ke Phuket atau Boracay. Karena itu pilihlah destinasi dengan biaya akomodasi sesuai dengan anggaran.

Pilih Negara Murah

Selain murah dari segi biaya hidup, akomodasi, dan transportasi, negara-negara yang bebas visa atau hanya perlu mengajukan visa on arrival bisa dijadikan prioritas dalam menentukan destinasi liburan ke luar negeri. 

Liburan Hemat ke Luar Negeri? Ikuti 7 Tips Ini | Breaktime
Halong Bay di Vietnam, salah satu pilihan wisata hemat di Asia Tenggara

Hindari Libur Panjang

Bepergian pada saat libur panjang, libur sekolah, dan libur Tahun Baru sudah tentu akan membutuhkan biaya yang lebih besar. Harga tiket pesawat dan hotel tentu melambung tinggi. Karena itu pilihlah waktu-waktu yang bukan long weekend atau libur panjang.

Pilih Low Season

Hampir sama dengan memilih waktu selain high season, cobalah ke Jepang saat bukan musim bunga Sakura, atau ke Korea Selatan selain musim semi dan gugur. Biaya akomodasi dan transportasi akan lebih murah daripada dua periode tersebut.

Liburan Hemat ke Luar Negeri? Ikuti 7 Tips Ini | Breaktime
Pemandangan di sekitar Phi-phi Island Thailand

Cari Paket Wisata

Tak ada salahnya memang melakukan solo traveling ala backpacker, tapi untuk ke beberapa negara tertentu, pilihan paket wisata bisa dijadikan alternatif untuk menghemat biaya liburan. Paket-paket wisata dengan harga relatif murah bisa didapatkan pada travel fair yang belakangan ini sering diadakan di sejumlah kota.

Daftar Membership Maskapai

Sejumlah maskapai memberikan fasilitas membership dimana penumpang frequent flyer bisa mendapatkan sejumlah promo, termasuk diskon harga tiket ke tujuan dan periode tertentu. Selain itu, akses lounge, priority pass, dan sejumlah kemudahan lainnya bisa dinikmati pemegang membership maskapai.

Riset Sebelum Menentukan Destinasi

Perencanaan yang matang akan menghemat banyak biaya selama di perjalanan, seperti penggunaan transportasi umum, tempat makan, penginapan, hingga tiket masuk objek wisata. Riset kecil-kecilan bisa didapat dari blog perjalanan, situs wisata, dan berbagai forum media sosial seputar destinasi yang akan dikunjungi. (ZA)

Share This Article