Libur Akhir Tahun, Perhatikan 5 Hal Penting Ini | Breaktime
Libur Akhir Tahun, Perhatikan 5 Hal Penting Ini
02.12.2016

Tak terasa kita kembali memasuki bulan Desember. Bulan terakhir di kalender tahunan ini identik dengan periode libur akhir tahun. Bagaimana dengan B'timers, apakah sudah merencanakan libur akhir tahun?

Libur akhir tahun memang satu hal yang ditunggu-tunggu karena biasanya bertepatan dengan periode libur sekolah atau menghabiskan sisa cuti tahunan. Tapi ada beberapa hal yang harus B'timers perhatikan agar liburan akhir tahun tetap nyaman dan menyenangkan.

1. Perhatikan cuaca

Di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya, bulan Desember identik dengan cuaca buruk dan musim hujan. Perhatikan kondisi cuaca di tempat-tempat yang akan dikunjungi, terutama apabila aktivitas yang dilakukan banyak outdoor, seperti di gunung dan pantai.

Libur Akhir Tahun, Perhatikan 5 Hal Penting Ini | Breaktime
Usahakan untuk booking akomodasi jauh hari sebelum liburan

2. Jaga kondisi

Cuaca hujan, basah, dan lembab akan mempengaruhi kondisi tubuh. Apabila tidak dalam kondisi fit, tubuh akan mudah sakit. Perbanyak minumm air putih, vitamin C, dan konsumsi buah-buahan. Selain itu penting untuk menjaga pola tidur, karena biasanya karena terlalu asik liburan jadi lupa dengan istirahat.

3. Booking jauh hari

Karena identik dengan libur akhir tahun, maka dipastikan harga akomodasi dan transportasi pada bulan Desember mengalami kenaikan dari periode sebelumnya. Pada saat high season seperti ini, usahakan untuk booking tiket perjalanan dan hotel jauh hari, sekitar tiga sampai enam bulan sebelumnya untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Libur Akhir Tahun, Perhatikan 5 Hal Penting Ini | Breaktime
Sunset akhir tahun tetap menjadi daya tarik wisatawan untuk berlibur

4. Open trip

Apabila tidak sempat melakukan booking jauh hari, pilihan terbaiknya adalah dengan mengikuti open trip. Sistem open trip ini membantu menekan biaya karena dilakukan bersama-sama, biasanya antara enam sampai sepuluh orang, bahkan lebih.

5. Destinasi alternatif

Bali, Jogja, atau Lombok dipastikan bakal sangat sangat ramai oleh turis yang sedang liburan akhir tahun. Apabila B'timers ingin suasana yang lebih sepi, carilah destinasi-destinasi alternatif yang belum banyak dikunjungi orang, seperti Sumba dan Alor di Nusa Tenggara Timur atau Pulo Cinta di Gorontalo, Sulawesi Utara. (ZA)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE