Lakukan Ini Sebelum Kembali Gendong Ransel! | Breaktime
Lakukan Ini Sebelum Kembali Gendong Ransel!
15.04.2017

Bulan April merupakan periode transisi dari musim hujan ke musim kemarau. Bagi penggemar hiking dan pecinta alam, bulan April merupakan masa persiapan untuk kembali berpetualang.

Sejumlah gunung yang populer di kalangan pendaki domestik dan mancanegara mulai kembali membuka rute pendakian pada periode akhir April dan awal Mei. Beberapa di antaranya adalah Gunung Semeru, Gunung Agung, dan Gunung Rinjani.

Aktivitas mendaki gunung memang banyak digemari penikmat perjalanan. Selain mendekatkan diri dengan alam, kegiatan ini juga memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat positif mendaki gunung bagi fisik dan tubuh.

Lakukan Ini Sebelum Kembali Gendong Ransel! | Breaktime
Pada ketinggian tertentu, kadar oksigen menipis dan menjadi tantangan bagi para pendaki

1. Back up dan angkat dumbell

Saat B'timers melakukan hiking, hampir pasti membawa kebutuhan penting dalam backpack atau ransel. Meskipun di beberapa lokasi tersedia jasa porter, tentunya B'timers masih membawa barang-barang pribadi pada keril atau daypack.

Membawa backpack atau daypack ternyata mampu melatih kekuatan pundak, selama beban yang dikenakan seimbang dan tidak berlebihan. Melakukan latihan ringan seperti back-up dan angkat dumbbell sangat disarankan bagi tiap pendaki untuk melatih bagian tersebut.

Lakukan Ini Sebelum Kembali Gendong Ransel! | Breaktime
Diperlukan latihan rutin agar mampu melakukan aktivitas fisik selama pendakian

2. Kardio

Beratnya medan dan tanjakan saat melakukan pendakian menuntut B'timers untuk melatih fisik dan mengatur pernafasan. Kondisi makin berat ketika sudah berada di ketinggian tertentu, dimana kadar oksigen mulai menipis. Untuk melatih pernafasan, B'timers bisa melakukan olahraga rutin berupa kardio, jogging, berenang, atau bersepeda.

3. Push up

Medan pendakian yang berat kerap memerlukan keahlian memanjat dan merangkak, dua aktivitas yang memerlukan kekuatan tangan. Jalur pendakian seperti ini mengharuskan B'timers untuk melatih kekuatan tangan dengan banyak melakukan push-up.

Jadi mumpung masih ada waktu kurang lebih satu bulan, tak ada salahnya B'timers mulai rutin melakukan latihan-latihan di atas sebelum kembali angkat ransel ke gunung dan bertualang ke dalam hutan.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE