Lakukan Ini Biar Bisa Liburan Di Akhir Bulan! | Breaktime
Lakukan Ini Biar Bisa Liburan Di Akhir Bulan!
20.09.2017

Bepergian sendiri menjadi hal yang lebih menyenangkan bagi sebagian besar orang. Namun ada beberapa masalah yang memang sering dihadapi oleh para traveler. Salah satunya adalah finansial. Apalagi jika uang Anda pas-pasan, tetapi ingin sekali jalan-jalan. Kunci utamanya adalah Anda harus lihai dalam mengatur uang bulanan agar tetap bisa liburan meskipun di akhir bulan. Tak perlu khawatir untuk menyimpan uang bagi Anda yang bergaji kecil.

Ada beberapa cara dan tips ampuh menabung agar bisa tetap traveling kapanpun Anda mau. Di awal-awal pertama menabung jelas akan sangat sulit dan berat melakukannya. Tetapi ingatlah bahwa nantinya Anda bisa bersenang-senang dengan menjelajah suatu tempat. Bagaimana cara menyimpan uang gaji agar bisa liburan di akhir bulan?

Sejak di bangku sekolah, kita sudah diajarkan bagaimana mengelola keuangan. Baik itu diajarkan di sekolah maupun di rumah. Ilmu keuangan ini akan sangat berguna seperti sekarang ini, ketika Anda ingin bepergian meski gaji terbatas. Langkah yang paling umum adalah menyingkirkan beberapa kebiasaan boros yang sia-sia. Ini hanya tentang komitmen terhadap diri sendiri dalam menata keuangan yang akan dijadikan biaya liburan sewaktu-waktu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Serunya Workcation Sambil tetap Produktif Kerja

Anda bisa membuat catatan tentang pemasukan dan pengeluaran. Dengan begitu Anda tahu apa yang harus disingkirkan. Mulai dengan memilah uang Anda sesuai dengan kebutuhan. Buat prioritas mana yang lebih penting. Biasanya kebanyakan orang membelanjakan uang mereka untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Komitmen pada diri sendiri untuk menabung 30% dari gaji yang diperoleh. Disiplin dari diri sendiri memang sangat dibutuhkan. Sisihkan uang Anda sebesar 30% dari gaji sejak awal bulan. Jangan menunggu pertengahan atau akhir bulan saat uang sudah mulai menipis. Ini memang bukan hal yang mudah, tetapi apa salahnya mencoba dan berjanji pada diri sendiri.

Lakukan Ini Biar Bisa Liburan Di Akhir Bulan! | Breaktime
Komitmen terhadap diri sendiri untuk solo traveling kapanpun
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan Hemat dengan Harga Hotel di Batu Malang

Setelah itu, Anda hanya perlu mengatur bentuk fisiknya. Misalnya dengan meninggalkan ATM di rumah. Godaan terbesar membelanjakan uang adalah dengan membawa ATM keman-mana. Cara lainnya adalah dengan membawa beberapa uang cash. Jangan terlalu banyak juga, Anda bisa membawa Rp 200 ribu untuk satu minggu dan Anda harus bisa mengatur kebutuhan selama satu minggu dengan uang tersebut.

Anda juga bisa menyisihkan uang pecahan kecil, misalnya Rp 2 ribuan – Rp 10 ribuan ke dalam toples kecil. Tanpa terasa hal ini cukup efektif untuk menambah tabungan Anda. Lumayan, kan jika sudah terkumpul bisa digunakan untuk membeli tiket berangkat. Tergantung berapa jumlah total tabungan Anda yang sudah terkumpul.

Kurangi juga jadwal bersenang-senang, misalnya ngopi, menonton film di bioskop, atau karaoke. Anda bisa nongkrong dua kali dalam satu bulan demi tabungan tetap aman. Pikirkan juga, ketimbang nonton di bioskop, lebih baik sewa DVD atau copy film di warnet. Semua bisa diatur jika Anda punya kemauan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Wisata Terbaru di Medan Wajib Dikunjungi

Cara yang terakhir hanya membuat planning trip. Kemana Anda akan pergi? Yang jelas sesuaikan dengan budget yang sudah disiapkan. Tak perlu memaksa liburan yang mewah atau pergi ke tempat yang jauh. Hal paling penting adalah Anda bisa refreshing dan mendapatkan pengalaman sendiri. Pilih destinasi yang tak terlalu jauh namun tetap menyenangkan. Anda juga bisa memanfaatkan layanan couchsurfing agar tak mengeluarkan biaya sewa hotel.

Nah, dengan beberapa cara menabung tersebut Anda bisa traveling kapanpun jika uang sudah cukup terkumpul. Mau liburan akhir pekan, akhir bulan, atau bahkan saat high season tak jadi masalah. Meski begitu, Anda tak hanya harus menjaga uang agar tetap utuh, tetapi juga urusan kesehatan dan perjalanan juga harus dilindungi dengan baik. Apa yang bisa dilakukan untuk membuat perjalanan traveling tetap dalam kondisi fit dan aman? Klik di sini.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE