5 Cara Ini untuk Hindari Ketinggalan Pesawat | Breaktime
Lakukan 5 Cara Ini untuk Hindari Ketinggalan Pesawat
06.03.2016

Pernahkah B'timers mengalami ketinggalan pesawat saat sedang bepergian? Ketinggalan pesawat adalah satu hal yang harus dihindari, bahkan kalau bisa jangan sampai terjadi karena akan mengganggu semua jadwal perjalanan yang telah kita rencanakan.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa ketinggalan pesawat, seperti faktor kemacetan lalu lintas menuju bandara, ketinggalan dokumen perjalanan, atau bahkan lupa jam keberangkatan.

Berikut beberapa hal kecil dan penting tapi kadang dianggap sepele yang bisa dilakukan agar tidak ketinggalan pesawat saat bepergian.

5 Cara Ini untuk Hindari Ketinggalan Pesawat | Breaktime
Periksa kembali jadwal keberangkatan agar terhindar dari ketinggalan pesawat

1. Barang penting di tas kecil

Gunakan tas kecil yang dibawa masuk ke dalam kabin untuk menyimpan benda-benda penting seperti dokumen perjalanan (paspor, tiket pesawat), dompet, ponsel, uang tunai, kartu ATM, dan sejenisnya. Hal ini untuk menghindari benda-benda penting tersebut terlanjur masuk dalam bagasi.

2. Pastikan jam keberangkatan

Hal ini sering dianggap remeh, tapi tak ada salahnya untuk cek ulang jam keberangkatan. Biasakan datang satu jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan domestik dan dua jam sebelumnya untuk penerbangan internasional. Perhatikan jarak dari tempat asal menuju bandara, perkiraan kemacetan, jalur bis, kereta, dan sebagainya.

3. Maksimalkan bagasi kabin

Tidak menggunakan fasilitas bagasi bisa mempercepat proses check-in. B'timers tidak perlu repot mengatur bagasi, tidak mengeluarkan biaya tambahan (meskipun fasilitas ini gratis di beberapa maskapai tertentu) dan lebih cepat pula saat tiba di bandara tujuan.

4. Lakukan web-check-in

Hampir semua maskapai besar kini sudah memiliki fasilitas web-check-in atau mesin self-check-in di bandara. Dengan fasilitas ini B'timers tidak perlu antri di counter check-in, hanya perlu memasukkan kode booking, scan paspor (untuk penerbangan internasional), dan boarding pass pun langsung tercetak.

5. Imigrasi

Pada saat libur panjang atau high-season, antrian imigrasi pada penerbangan internasional bisa sangat panjang bahkan memakan waktu lebih dari 30 menit. Perkirakan lama antrian di imigrasi ini agar tidak terlambat saat boarding. (ZA)

Share This Article