Lakukan 4 Hal Ini Bila Terindikasi Virus Zika | Breaktime
Lakukan 4 Hal Ini Bila Terindikasi Virus Zika
09.09.2016

Traveling menuntut B'timers selalu aware dan mengikuti perkembangan terbaru dari penjuru dunia, tak terkecuali virus Zika yang akhir-akhir ini sedang happening di berbagai penjuru dunia, termasuk kawasan Asia Tenggara.

Seiring ditemukannya kasus virus Zika di Singapura dan Malaysia pada awal September ini, traveler yang berencana liburan ke dua negara ini diminta untuk waspada dan mengantisipasi penyebaran virus Zika.

Virus Zika merupakan salah satu virus dari jenis flavivirus. Virus ini memiliki kesamaan dengan virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk. Nyamuk yang menjadi vektor penyakit Zika adalah nyamuk Aedes, jenis nyamuk ini juga menularkan demam berdarah. Virus ini juga bisa ditularkan oleh ibu hamil kepada janinnya selama masa kehamilan.

Lakukan 4 Hal Ini Bila Terindikasi Virus Zika | Breaktime
Sakit kepala juga termasuk kemungkinan gejala virus Zika

Gejala virus Zika antara lain adalah demam, kulit berbintik merah, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, kelemahan dan terjadi peradangan konjungtiva (mata). Gejala-gejala ini mirip seseorang yang terkena demam berdarah.

Siapapun yang tinggal atau mengunjungi area yang diketahui terdapat virus Zika memiliki risiko untuk terinfeksi virus ini, termasuk ibu hamil. Penyakit ini kerap kali sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan medis. Pada kondisi tubuh yang baik penyakit ini dapat pulih dalam tempo 7-12 hari.

Hingga saat ini belum ditemukan vaksin atau pengobatan spesifik untuk virus Zika, sehingga pengobatan berfokus pada gejala yang ada. Apabila B'timers terindikasi terjangkit virus ini, lakukan beberapa hal berikut:
 

  1. Istirahat cukup
  2. Konsumsi cukup air untuk mencegah dehidrasi
  3. Minum obat-obatan untuk mengurangi demam dan nyeri
  4. Hindari mengkonsumsi aspirin, cari pengobatan ke pelayanan kesehatan terdekat. Sejumlah bandara di kota-kota besar Asia Tenggara sudah mengantisipasi kejadian ini dengan menyiapkan layanan kesehatan.

KBRI Singapura menghimbau kepada WNI yang berada di Singapura untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tempat tinggal. Sekiranya ada yang positif terkena virus zika dan membutuhkan bantuan kekonsuleran, segera hubungi KBRI Singapura di nomor telepon: 92953964. (za)

Share This Article