Kiat-Kiat Mudik Hemat dan Aman Sampai ke Tujuan | Breaktime
Kiat-Kiat Mudik Hemat dan Aman Sampai ke Tujuan
29.06.2015
“All you need is the plan, the road map, and the courage to press to your destination.” – Earl Nightingale

Mudik sudah menjadi kegiatan yang tidak terpisahkan dengan hari raya Idul Fitri di Indonesia. Khususnya jelang lebaran, semakin mendekati hari-H, jalan raya antar kota pasti makin padat dan macet akibat arus mudik. Nah, B’timers sudah mempersiapkan untuk mudik tahun ini? Biar tabungan tak amblas begitu saja, plus tetap aman selama di perjalanan, Breaktime beri tipsnya!

Memilih waktu yang tepat untuk mudik

Sebaiknya rencanakan jauh-jauh hari kapan Anda akan berangkat mudik. Ini demi memudahkan membeli tiket kendaraan untuk transportasi yang akan digunakan, baik saat berangkat maupun pulang. Jika membawa kendaraan pribadi, periksa dahulu kondisi kendaraan secara lengkap.

Mengatur anggaran biaya dengan teliti

Buatlah anggaran biaya serapi dan seteliti mungkin. Mulai dari biaya bensin atau tiket perjalanan pulang-pergi, oleh-oleh, angpao dan biaya lainnya. Ini untuk menghindari habisnya uang Anda untuk keperluan yang tidak jelas. Sediakan juga pos untuk pengeluaran tak terduga.

Mempersiapkan kondisi fisik dengan baik

Tubuh sehat sangatlah penting untuk mudik. Percayalah, Anda akan selalu membutuhkan obat saat di perjalanan. Baik membawa kendaraan pribadi atau tidak, siapkan plastik atau tas kresek, obat anti mabuk, minyak angin, permen asam atau mint dan obat pribadi sesuai keperluan Anda.

Kondisi tubuh harus benar-benar sehat untuk melakukan perjalanan mudik
Kondisi tubuh harus benar-benar sehat untuk melakukan perjalanan mudik

Tidak membawa terlalu banyak barang

Berat dan merepotkan, sebaiknya hindari membawa terlalu banyak barang saat mudik, terutama bila tak membawa kendaraan pribadi. Jika tak bisa dihindari, gunakan jasa pengiriman untuk mengantarkan sebagian barang sampai ke tujuan, agar Anda tidak kesusahan sendiri di perjalanan.

Mempelajari rute mudik yang paling efektif

Khusus bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi, sebelum mudik sebaiknya pelajari terlebih dulu rute perjalanan yang akan ditempuh. Amati rute-rute yang sekiranya paling efektif dan bisa menjadi alternatif saat terjadi kemacetan yang parah. Ini sekaligus bisa menghemat biaya bensin.

Nah, kalau seluruh persiapan sudah check, kini Anda siap melakukan perjalanan mudik. Ingatlah untuk selalu berdoa agar selamat di perjalanan dan teruslah berkomunikasi untuk memberi kabar keluarga tentang keberadaan dan kondisi B’timers, agar keluarga bisa memantau keadaan Anda. Selamat mudik!

Share This Article