Kiat Hindari “Jetlag” karena Penerbangan Panjang | Breaktime
Kiat Hindari “Jetlag” karena Penerbangan Panjang
16.04.2015

Jarak tempuh penerbangan dan perbedaan waktu antara kota keberangkatan dan tujuan seringkali membuat B'timers mengalami jetlag. Untuk menghindari jetlag, ternyata ada beberapa kiat yang bisa dilakukan, mulai dari sebelum keberangkatan, saat penerbangan, hingga ketika sampai di destinasi yang dituju.

Sebelum penerbangan

  • Tingkatkan aktivitas

Beberapa hari sebelum penerbangan, usahakan untuk tetap aktif menggerakkan tubuh. Tetap aktif di kantor, memperbanyak jalan kaki, dan rutin berolahraga. Tubuh yang aktif membuat metabolisme tetap terjaga, daya tahan tubuh optimal, dan badan tetap sehat.

  • Hindari kelelahan

Aktivitas dan olahraga tidak boleh sembarangan karena tubuh tidak boleh kelelahan. Kurangi waktu istirahat antara 30 sampai 60 menit per hari agar tubuh bisa mulai bersiap-siap untuk menyesuaikan dengan zona waktu yang baru.

  • Memilih waktu penerbangan

Penerbangan malam hari adalah pilihan terbaik untuk menghindari jetlag karena Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat di pesawat dan kemudian memulai aktivitas di kota tujuan pada hari berikutnya.

Memilih jam penerbangan malam hari bisa meminimalisir jetlag
Memilih jam penerbangan malam hari bisa meminimalisir jetlag

Selama penerbangan

  • Hindari dehidrasi

Minum air putih yang cukup untuk membantu tubuh tetap terhidrasi. Hindari minuman beralkohol dan kafein karena bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

  • Gerakan ringan di dalam pesawat

Melakukan peregangan, berjalan-jalan di kabin, atau gerakan ringan lainnya akan membantu melancarkan peredaran darah dan pernafasan, mengurangi rasa mual, serta menjaga stamina tubuh.

Setiba di kota tujuan

  • Sinar matahari

Keuntungan datang pagi atau siang hari di kota tujuan adalah Anda bisa terpapar sinar matahari selama beberapa saat. Kondisi ini bisa membantu tubuh menyesuaikan diri dengan cuaca di kota tujuan.

  • Istirahat cukup

Usahakan untuk mempertahankan jam tidur normal setibanya di kota tujuan. Bila Anda datang sebelum tengah hari, usahakan hindari tidur siang, tetap terjaga dan beraktivitas seperti biasanya untuk menghindari perubahan jam tidur di zona waktu yang baru.

Share This Article