Ketahui Ukuran Tas yang Muat di Kabin Pesawat | Breaktime
Ketahui Ukuran Tas yang Muat di Kabin Pesawat
29.02.2016

B'timers yang sering bepergian dengan pesawat terbang selalu memiliki dua pilihan ketika membawa barang bawaan. Dibawa ke dalam kabin atau masuk bagasi?

Bagi sebagian orang, membawa ransel atau koper kecil ke dalam kabin dianggap lebih cepat dan praktis karena tak perlu antri bagasi dan lebih hemat karena tidak mengeluarkan biaya tambahan.

Namun tahukah anda bahwa setiap maskapai memiliki standar koper atau ransel yang berbeda-beda untuk bisa masuk ke dalam kabin pesawat?

Maskapai penerbangan domestik di Indonesia punya aturan berbeda soal ukuran bawaan kabin. Lion Air memberlakukan standar dimensi 40x30x20 centimeter, Sriwijaya Air 55x35x25 cm, sementara AirAsia, Citilink, dan Garuda Indonesia punya standar sama yaitu 56x36x23 cm.

Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA) sendiri baru-baru ini telah sepakat untuk memperkecil ukuran bawaan kabin, yaitu lebih kecil sekitar 21 persen dari aturan lama.

Ketahui Ukuran Tas yang Muat di Kabin Pesawat | Breaktime
Petugas sedang merapikan koper penumpang pesawat

Baca juga : Cara Pintar Hindari Pencurian Bagasi Pesawat

Ukuran standar kabin yang diberlakukan oleh IATA adalah berdimensi tinggi 56 centimeter, lebar 36 centimeter dan kedalaman 23 centimeter. Sementara ukuran baru yang diajukan adalah tinggi 55 centimeter, lebar 35 centimeter dan kedalaman 20 centimeter.

Delapan maskapai penerbangan internasional telah menerapkan aturan kabin baru dari IATA di antaranya adalah Air China, Avianca, Azul, Cathay Pacific, China Southern, Emirates, Lufthansa dan Qatar.

Namun aturan ini tidak mengikat. Maskapai lain boleh ikut atau tetap menggunakan aturan lama. Aturan ini dirancang sedemikian rupa agar setiap penumpang mendapatkan tempat untuk menyimpan bawaan di kabin pesawat berpenumpang minimal 120 orang.

Untuk penerbangan budget airline domestik di Indonesia, sejumlah maskapai menerapkan berat maksimal barang bawaan dalam kabin adalah 10 kilogram, sementara untuk penerbangan internasional seberat 7 kilogram.

Baca Juga: Posisi Tempat Duduk Ternyaman Di Pesawat

Dengan mengetahui berat dan ukuran barang bawaan yang bisa dibawa masuk ke dalam kabin, B'timers kini bisa memperkirakan besar dan banyaknya barang bawaan sebelum naik pesawat sehingga perjalanan makin nyaman dan tenang. (ZA)

Share This Article