Ketahui Tips Penting Menaklukkan Atap Dunia | Breaktime
Ketahui Tips Penting Menaklukkan Atap Dunia
01.02.2017

Apakah Anda mengetahui apa yang disebut dengan atap dunia? Yup, Tibet adalah salah satu provinsi di Republik Rakyat Tiongkok. Tibet berbatasan dengan Nepal, Bhutan, dan India. Di sanalah terdapat Mount Everest. Gunung yang termasuk dalam seven summit dan dianggap sebagai gunung tertinggi di dunia ini banyak menjadi pilihan para pendaki. Bahkan, Everest dianggap sebagai the final test di kalangan para pendaki dunia.

Sebelum membahas lebih jauh tentang Everest, Breaktime akan beri sedikit bocoran tentang Tibet. Ketahuilah bahwa setiap B’timers mengunjungi Tibet, tentu devisa akan masuk ke Beijing. Bahkan, Anda akan diasingkan Dalai Lama yang merupakan pemimpin spiritual Buddha di Tibet. Ini bertujuan agar para wisatawan bisa melihat kondisi orang-orang Tibet kelas bawah.

Banyak hal yang bisa dilakukan di Tibet, salah satu yang menjadi favorit para wisatawan adalah mendaki puncak Everest. Yup, mendaki puncak atap dunia bukanlah hal yang mudah. Sejak dulu, sudah dilakukan beribu-ribu pendakian dan hanya beberapa saja yang bisa mencapai puncak. Sisanya ada yang meninggal, ada yang menyerah, ada pula yang gagal.

Nah, oleh karena itu, Breaktime akan berikan tips-tips jitu sebelum melakukan pendakian untuk menaklukkan atap dunia.

Ketahui Tips Penting Menaklukkan Atap Dunia | Breaktime
Tibet dan gunung tertinggi di dunia

Pertama, B’timers harus rajin-rajin berlatih fisik maupun teknik mendaki yang sesungguhnya. Mendaki Everest, bukan seperti saat mendaki gunung-gunung di Indonesia. Selain suhu dan cuaca yang berbeda, medan yang dilalui juga berbeda. Anda harus membutuhkan peralatan pendakian lengkap. Rajin-rajinlah untuk berlatih fisik, seperti lari atau rutin berolahraga. Dan pelajari teknik mendaki dengan medan bebatuan es dengan ahlinya.

Jangan lupa, banyak minum juga menjadi faktor penting untuk melakukan pendakian di Everest. Ini akan menjaga daya tahan tubuh Anda lebih kuat dan stamina juga stabil. Jauh sebelum Anda akan melakukan pendakian, perbanyak minum air putih. Ini juga akan membuat tubuh tidak mudah dehidrasi. Karena saat dehidrasi, B’timers bisa merasa kebingungan, sakit kepala, edema, dan resiko membeku.

Selain menyiapkan kondisi fisik dan mental, Anda juga harus menyiapkan hal-hal yang diperlukan selama pendakian. Salah satu yang paling penting adalah pakaian yang digunakan untuk mendaki. Pilih pakaian dan alas kaki yang pas dengan bentuk tubuh. Pilih juga sepatu yang akan selalu menjaga kaki tetap hangat.

Ketahui Tips Penting Menaklukkan Atap Dunia | Breaktime
Lakukan persiapan matang untuk menaklukkan Everest

Yang terpenting dari semuanya adalah komunikasi yang baik antar sesama pendaki. Tanpa adanya komunikasi yang baik, ekspedisi yang telah direncanakan dengan matang tetap tidak akan membuat semua berjalan lancar. Jujur dengan apa yang dirasakan, karena pendakian adalah tentang team work.

Selanjutnya adalah Anda tak perlu terburu-buru untuk sampai ke puncak Everest. Total sebenarnya adalah 5 hari. Selama perjalanan mendaki, usahakan untuk tidak terburu-buru dan rutin beristirahat untuk menghemat energi. Selain itu, Anda juga harus menikmati pemandangan yang tidak pernah Anda lihat sebelumnya. Usahakan untuk menikmati segala yang terjadi selama pendakian.

Satu lagi adalah membawa persediaan yang cukup. Bawa bekal yang cukup untuk perjalanan pendakian Anda. Bawa air, makanan, obat-obatan, dan tabung oksigen. Anda bisa melakukan riset kecil untuk mengetahui apa saja yang harus dibawa untuk menaklukkan atap dunia.

Oh iya, sebelum melakukan pendakian jangan lupa untuk selalu berdoa dan memasrahkan segala hal yang terjadi kepada Tuhan. (vpd) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE