Ketahui Hal Ini Sebelum Traveling Dengan Kereta Api | Breaktime
Ketahui Hal Ini Sebelum Traveling Dengan Kereta Api
11.04.2015

B'timers yang gemar melakukan perjalanan darat tentu tak asing lagi dengan moda transportasi kereta api. Harga tiketnya yang relatif stabil dan banyaknya pilihan stasiun di berbagai kota, membuat banyak traveler yang gemar menggunakan kereta api.

Namun banyak hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan dengan kereta api. Berikut beberapa informasi untuk traveler yang merencanakan perjalanan dengan kereta api:

Ketahui Hal Ini Sebelum Traveling Dengan Kereta Api

Belum tersedia e-ticket

Tidak seperti pesawat yang menyediakan fasilitas e-ticket dan self booking, kereta api masih menggunakan cara konvensional di mana Anda harus menunjukkan print-out tiket sebelum berangkat. Bila tiket hilang, Anda harus mengurusnya di stasiun dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tidak ada layanan bagasi

Kereta api tidak menyediakan fasilitas bagasi, sehingga Anda harus mengurus dan membawa sendiri barang-barang yang ke dalam gerbong. Bandingkan dengan beberapa maskapai yang memberi layanan bagasi gratis dari 15 kilogram hingga 20 kilogram.

Faktor keamanan bagasi

Bila terjadi kehilangan barang di kereta api, maka resiko ditanggung oleh penumpang sendiri. Sementara itu pesawat memberi garansi kehilangan bagasi yang diatur dalam peraturan Menhub dengan ganti rugi hingga Rp 4 juta.

Efisiensi waktu perjalanan

Sudah bukan rahasia lagi bila perjalanan darat memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan pesawat. Perjalanan 10 sampai 12 jam yang kita habiskan dengan kereta api bisa Anda gunakan untuk hal yang lebih bermanfaat seperti bertemu teman baru, mengunjungi destinasi wisata, atau berwisata kuliner di kota tujuan. 

Faktor kenyamanan

Beberapa orang mengaku terganggu dan sulit tidur dengan suara kereta api yang cukup keras. Hal mengganggu lainnya adalah bila ada penumpan di dekat tempat duduk Anda yang berbicara panjang lebar di telepon. Hal ini tidak terjadi bila melakukan perjalanan dengan pesawat karena setiap penumpang wajib mematikan telepon mereka.

Harga tiket kereta api kelas bisnis dan eksekutif yang tidak jauh beda dengan harga tiket pesawat untuk tujuan yang sama membuat B’timers punya pilihan dan pertimbangan untuk menentukan moda transportasi. 

Share This Article