Kenali Semua Istilah Pendakian Ini! | Breaktime
Kenali Semua Istilah Pendakian Ini!
19.02.2017

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pengalaman mendaki merupakan sebuah pengalaman yang tidak dapat dilupakan begitu saja. Mendaki dapat dikaitkan dengan kecintaan terhadap alam dan mengagumi alam ciptaan Tuhan. Semakin hari, semakin banyak orang yang mulai mengutarakan kecintaannya terhadap kegiatan mendaki ini. Namun, dengan banyaknya orang yang mulai menyukai kegiatan ini, berarti menambah jumlah pendaki pemula. Beberapa pendaki pemula terkadang mengabaikan aspek keselamatan yang menjadi aspek nomor satu yang wajib dipertimbangkan oleh para pendaki.

Untuk mencapai hal itu, maka B’timers yang merasa baru saja atau bahkan telah menjadi pendaki senior mengetahui beberapa istilah yang sering digunakan ketika B’timers tengah mendaki gunung. Berikut ini adalah beberapa istilah penting yang perlu B’timers ketahui sebelum dan saat mendaki gunung.

Itinerary adalah istilah pertama dalam dunia traveling. Itinerary merujuk pada sebuah rencana perjalanan, atau sebuah daftar tempat yang direncanakan akan dikunjungi.

Istilah selanjutnya adalah logistik. Anda pasti sering mendengar istilah ini dalam dunia traveling. Logistik dalam pendakian berarti ketersediaan atau persediaan suplai makanan.

Apakah Anda pernah mendengar istilah simaksi? Simaksi pada beberapa spot tertentu, B’timers wajib mendapatkan simaksi sebelum memulai mendaki. Simaksi merupakan akronim dari Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi.

Kenali Semua Istilah Pendakian Ini! | Breaktime
Treking dalam pendakian

Treking biasanya disebut saat sedang traveling ke suatu destinasi alam. Treking berarti sebuah perjalanan yang panjang dan lama yang ditempuh dengan berjalan kaki.

Hiking adalah kegiatan berjalan kaki di alam bebas. Untuk melakukan hiking, anda tidak perlu memiliki keahlian khusus apapun.

Mountaineering merupakan aktivitas mendaki gunung yang memerlukan persiapan dan keahlian khusus yang matang. Bagi pemula, sangat disarankan melakukan mountaineering dengan pengawasan profesional.

Survival adalah sebutan untuk usaha bertahan hidup di tengah situasi yang belum diketahui atau tak menentu.

Istilah selanjutnya dalam dunia traveling adalah pos. Istilah pos merujuk pada sebuah tempat yang biasa digunakan pendaki untuk beristirahat sementara.

Shelter hampir sama dengan pos, akan tetapi shelter lebih spesifik kepada tempat beristirahat yang dapat digunakan untuk bermalam.

Beberapa pemula mungkin belum mengetahui istilah ini. Yup, bonus. Jika dalam pendakian anda menemukan bonus, berarti anda telah menemukan trek yang tidak menanjak.

Porter adalah seseorang yang bertugas untuk membawakan barang sekaligus sebagai pemandu jalan kepada pendaki.

Anchor adalah semua obyek yang dapat dipergunaka untuk menambatkan tali. Anchor terkadang juga disebut dengan belay.

Azimuth adalah suatu istilah yang bermakna sebuah sudut yang terbentuk antara suatu obyek dengan arah utara peta ataupun arah utara magnetis.

Istilah Bivak berasal dari bahasa Perancis, Bivouac. Bivak adalah suatu kondisi dimana B’timers akan bermalam di alam terbuka. Tempat bermalam yang dibangun untuk Bivak biasanya terbuat dari plastik atau ponco untuk melindungi pendaki dari hujan.

Hipotermia merupakan istilah yang digunakan untuk mengungkapkan menurunnya suhu tubuh secara drastis. Hipotermia sangat berbahaya, karena suhu tubuh yang sangat menurun dapat menyebabkan kematian. Hipotermia atau Hipo diindikasikan dengana tubuh yang menggigil, tidak sadarkan diri, pucat, dan denyut nadi yang mulai melemah.

Kenali Semua Istilah Pendakian Ini! | Breaktime
Webbing adalah perlengkapan untuk pendakian

Webbing adalah pita yang terbuat dari bahan nilon yang ukuran serta lebarnya beragam. Kekuatan webbing hampir sama dengan tali yang digunakan untuk memanjat tebing, hanya saja webbing kurang lentur.

B’timers harus berhati-hati ketika pemandu meneriakkan “awas ranjau”. Bisa jadi di dalam jalur yang sedang B’timers lewati terdapat kotoran dalam artiyan kotoran sebenarnya yang akan membuat kotor sepatu dan beraroma tidak sedap.

GORP merupakan istilah yang sering dipakai untuk mendaki di luar negeri. GORP merupakan singkatan dari Good Old Raisins, and Peanuts. GORP adalah bahan makanan seperti Oat, kismis, dan kacang yang dapat dimakan kapan saja tanpa harus berhenti lama.

Peak bagging merupakan istilah yang digunakan untuk ketika anda mencapai puncak suatu gunung. Istilah ini sering digunakan ketika mendaki di luar negeri.

Karst adalah pemandangan batu kapur yang ditandai dengan jurang, tebing, atau gua yang terbentuk karena perpecahan air berkandungan asam yang melewati batuan dasar yang mudah pecah.

Itulah 20 istilah yang penting untuk diketahui para pendaki sebelum melakukan pendakian. Semoga bermanfaat dan memperluas wawasan B’timers tentang Mendaki.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE