Juanda Masuk Top Bandara Paling On Time di Dunia | Breaktime
Juanda Masuk Top Bandara Paling On Time di Dunia
23.01.2017

Apakah B'timers sering melakukan perjalanan dengan pesawat terbang dari atau ke Bandara Juanda Surabaya?

Bandara Internasional Juanda Surabaya yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) dinobatkan sebagai bandara paling tepat waktu di dunia tahun 2016 berdasarkan riset lembaga analis perjalanan udara asal Inggris, OAG, yang dirilis Januari 2017.

Bandara Juanda mencatatkan diri sebagai bandara paling tepat waktu pada kategori bandara besar (bandara dengan 10-20 juta penumpang per tahun) dengan tingkat on-time performance (OTP) rata-rata 90,30 persen.

Pada urutan kedua dan ketiga setelah Bandara Juanda adalah Bandara Honolulu di Hawaii Amerika Serikat dengan tingkat OTP 87,53 persen dan Bandara Salt Lake City Amerika Serikat (87,2 persen).

Juanda Masuk Top Bandara Paling On Time di Dunia | Breaktime
Ruang tunggu yang nyaman menjadi salah satu fasilitas unggulan di tiap bandara

Secara keseluruhan, Bandara Juanda menempati posisi ketiga di antara seluruh bandara dunia yang masuk dalam daftar peringkat OAG Punctuality League 2016. Peringkat ini diolah berdasarkan sekitar 54 juta catatan penerbangan selama setahun penuh (2016) sebagai petunjuk kinerja bandara dan maskapai penerbangan terbaik yang dibagi ke dalam beberapa kategori. OAG mendefinisikan OTP sebagai penerbangan yang datang atau berangkat dalam jangka waktu 15 menit dari jadwal waktu kedatangan atau keberangkatan.

Untuk bandara, dikategorikan menjadi empat kategori, yaitu bandara kecil (2,5-5 juta penumpang per tahun), bandara menengah (5-10 juta penumpang per tahun), bandara besar (10-20 juta penumpang per tahun), dan bandara utama (di atas 20 juta penumpang per tahun). 

Juanda Masuk Top Bandara Paling On Time di Dunia | Breaktime
Ketepatan waktu penerbangan menjadi layanan utama bagi penumpang

Peringkat pertama OAG Punctuality League 2016 adalah Bandara Birmingham Inggris dengan OTP rata-rata 91,28 persen, yang juga menduduki peringkat pertama pada kategori bandara menengah (5-10 juta penumpang per tahun), disusul Bandara Newcastle di Inggris (OTP 90,94 persen) yang juga menduduki peringkat pertama pada kategori bandara kecil (2,5-5 juta penumpang per tahun).

Hasil riset ini menunjukkan salah satu indikator keberhasilan kinerja Bandara Juanda sekaligus pengakuan komunitas internasional atas on-time performance sebagai salah satu aspek pelayanan pelanggan.

Meskipun tidak seramai Bandara Ngurah Rai Denpasar untuk kategori kedatangan wisatawan asing, Bandara Juanda merupakan salah satu "pintu masuk" ke berbagai destinasi wisata eksotik di Jawa Timur.

Wisatawan dari luar Surabaya, luar pulau, dan luar negeri bisa memanfaatkan Bandara Juanda sebagai tujuan dan tempa transit menuju Bromo dan Gunung Semeru di kawasan Probolinggo, Kawah Ijen di Banyuwangi, dan Taman Nasional Baluran di Situbondo. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE