Jangan Makan Ini Sebelum Naik Pesawat! | Breaktime
Jangan Makan Ini Sebelum Naik Pesawat!
04.09.2017

Perjalanan menggunakan pesawat terkadang bisa menimbulkan kekhawatiran tersendiri, bahkan bagi B’timers yang sering terbang sekalipun. Antrian pemeriksaan bagasi yang seakan tiada henti serta jeritan anak-anak yang tantrum di kabin pesawat nan sempit tentunya terdengar menggelisahkan. Para calon penumpang biasanya memilih banyak makan makanan berat sebelum check in agar Anda bisa kenyang dan jatuh tertidur saat di pesawat. Tapi benarkah semua makanan dapat dikonsumsi dengan aman tepat beberapa saat sebelum jam keberangkatan pesawat Anda?

Beberapa ahli nutrisi bahkan menyarankan agar Anda tidak mengkonsumsi apapun kecuali air putih menjelang keberangkatan. Selain dapat menjaga Anda tetap kenyang, konsumsi air putih juga dijamin baik untuk kesehatan dan tidak menimbulkan risiko appun kecuali hasrat untuk buang air kecil sesekali. Agar penerbangan Anda semakin nyaman dan tak terganggu dengan perjalanan bolak-balik ke toilet di antara gang kabin pesawat yang sempit, berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari agar B’timers tidak mengalami gangguan pencernaan saat di pesawat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Eksotisme Liburan Island-Hopping di Yunani

Makanan utama yang wajib dihindari untuk dikonsumsi saat di ruang tunggu bandara adalah makanan gorengan. Siapa sih yang tak gemar mengudap aneka gorengan maupun French fries? Risikonya ternyata tak sepadan dengan kelezatan dan sensasi mengenyangkan yang Anda dapatkan. Kandungan minyak dan lemak dalam aneka gorengan dapat menyebabkan heartburn yang tentunya perlu Anda hindari apabila hendak nmelakukan perjalanan udara. Kandungan sodium yang tinggi juga dapat menyebabkan Anda mudah haus serta perut kembung akibat fluid retention lho! selain itu, kombinasi antara kandungan lemak dan minyak berlebih dalam gorengan serta kondisi di kabin pesawat yang cendeung padat dan klaustrofobik juga dapat memicu penyumbatan pembuluh darah dan risiko penyakit deep vein thrombosis seketika.

Selanjutnya, hindari juga untuk mengkonsumsi daging merah tepat sebelum pesawat Anda lepas landas. Abaikan godaan berbagai stan hamburger favorit Anda di ruang tunggu bandara. Selain menimbulkan ketidaknyamanan di perut karena daging merah cenderung sulit dicerna, Anda tentu tak ingin kan mengganggu kenyamanan sesama penumpang dengan bau badan tak sedap yang cenderung timbul karena tubuh Anda berupaya mencerna daging merah tersebut?

Selain air putih, kopi merupakan minuman yang paling sering dikonsumsi dan dijajakan di berbagai kafe di ruang tunggu bandara. Meski efeknya menyegarkan dan mencegah kantuk, kopi rupanya malah memperburuk efek udara berpendingin di pesawat terhadap tubuh Anda. Selain menyebabkan dehidrasi, minum kopi juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama di pesawat akibat sensasi mual dan sakit kepala yang ditimbulkan oleh kandungan kafein pada kopi. 

Jangan Makan Ini Sebelum Naik Pesawat! | Breaktime
Aneka rupa food flight
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Cara Berburu Tiket Murah Tanpa ke Travel Fair

Selain kopi, minuman yang perlu B’timers hindari sebelum bepergian dengan pesawat ialah minuman beralkohol. Bagi Anda yang terbiasa minum, alhohol tentunya memberikan efek menenangkan dan sensasi hangat pada tubuh. Tak hanya itu, beberapa penumpang yang takut ketinggian juga memiliki kecenderungan minum alkohol untuk mengurangi kekhawatiran berlebihan dan memudahkan tidur. Sayangnya, alkohol menyimpan lebih banyak dampak negatif bagi tubuh yang hendak terbang. Selain menimbulkan dehidrasi, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan Anda mengalami hungover sesaat setelah mendarat. Anda tentu tak ingin perjalanan Anda selanjutnya berlangsung kurang menyenangkan bukan?

Minuman lain yang sebaiknya tak Anda nikmati menjelang keberangkatan pesawat terbang ialah soda dan berbagai minuman berkarbonasi lainnya. Selain kandungan gulanya yang berlebih dan jelas tidak sehat, soda dan minuman berkarbonasi juga dapat menyebabkan timbunan gas pada perut serta timbulnya heartburn.

Makanan lain yang sebaiknya tidak dikonsumsi menjelang lepas landas ialah kacang-kacangan. Selain dapat menimbulkan timbunan gas dan sensasi tidak enak di perut, B’timers tentu tidak ingin mengganggu kenyamanan sesama penumpang pesawat akibat buang angina tak terkontrol dan ekstra bau.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Agar Tak Tertipu Biro Perjalanan Umroh, Catat!

Beberapa makanan yang pada umumnya mendapatkan label sehat seperti buah apel serta sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol sebaiknya juga Anda hindari sebelum terbang karena lagi-lagi dapat menimbulkan timbunan gas dalam perut.

B’timers, selapar apapun Anda menjelang terbang, sebaiknya Anda menahan rasa lapar dengan minum air putih saja ya! Hindari berbagai makanan tersebut agar perjalanan terbang Anda tetap menyenangkan dan nyaman hingga mendarat di tujuan. (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE