Jangan Coba-coba Mendaki Tanpa Ikuti Tips Ini | Breaktime
Jangan Coba-coba Mendaki Tanpa Ikuti Tips Ini
05.04.2016

Hobi hiking, B’timers? Ya, kegiatan outdoor yang satu ini memang semakin diminati banyak orang. Mulai dari pria hingga wanita. Selain dapat meningkatkan kebugaran, hiking di jalur yang memiliki pemandangan alam juga bisa menghilangkan stres, lho. Namun tanpa persiapan yang matang, petualangan Anda bisa berantakan. Nah, karena itu, ada baiknya Anda mengintip tips aman agar hiking menyenangkan, B’timers.

Tips aman hiking

Jangan Coba-coba Mendaki Tanpa Ikuti Tips Ini | Breaktime
Alas kaki yang nyaman membuat hiking lebih menyenangkan

Tidak seorang pun yang berharap tersesat, tapi itu kadang terjadi. Apalagi jika Anda berencana hiking ke tempat asing. Untuk meminimalkan risiko tersebut, sebaiknya jangan pergi hiking seorang diri, B’timers. Dan usahakan tidak memisahkan diri dari kelompok. Jika perlu beritahu keluarga atau orang terdekat tujuan Anda dan berapa lama petualangan tersebut.

Apa yang harus dibawa

Jangan Coba-coba Mendaki Tanpa Ikuti Tips Ini | Breaktime
Hindari membawa barang yang tidak terlalu penting

Selain perbekalan tentunya, bawa serta alat-alat penting, seperti senter dengan baterai ekstra, kompas, dan kotak P3K. Dan yang terpenting adalah persediaan air harus cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, B’timers. Jika jalur hiking yang Anda pilih akan melewati sungai atau danau, ada baiknya membawa cadangan pakaian, B’timers.

Hiking bersama anak

Jangan Coba-coba Mendaki Tanpa Ikuti Tips Ini | Breaktime
Ada banyak hal yang dapat dipelajari anak saat hiking

Siapa bilang tidak boleh mengajak buah hati saat hiking? Karena dengan membawa mereka ikut mendaki, anak-anak akan belajar banyak hal, B’timers. Ikatkan peluit pada pakaian mereka dan beritahukan mengenai apa saja yang harus dilakukan jika tiba-tiba tersesat. Biarkan mereka membawa persediaan makanan dan minuman dalam ranselnya.

Nikmati setiap langkah

Jangan Coba-coba Mendaki Tanpa Ikuti Tips Ini | Breaktime
Sapalah keindahan yang terbentang di hadapan

Ini bukan perlombaan siapa yang mencapai garis finis lebih dulu, B’timers. Jangan sia-siakan keindahan yang ada di depan mata Anda. Pepohonan yang mengeluarkan aroma segar, aliran air yang memperdengarkan gemericik melodi hutan, hingga bunga-bunga liar yang tumbuh dengan kelopak berwarna-warni. Jadikan petualangan ini kenangan yang indah.

Selain perbekalan dan perlengkapan penting lain, perhatikan juga sepatu serta pakaian yang Anda kenakan untuk hiking, B’timers. Karena meskipun tidak mengambil jalur yang ekstrem, kenyamanan tetap nomor satu. Pilih sepatu atau alas kaki yang khusus untuk hiking. Lalu kenakan pakaian yang nyaman sehingga tidak menyulitkan Anda ketika bergerak. Dan, selamat mendaki, B’timers! (NO)

Share This Article

Tagging: