Jangan Abaikan Hal-Hal Ini Saat Wisata Religi | Breaktime
Jangan Abaikan Hal-Hal Ini Saat Wisata Religi
25.12.2016

B’Timers, apakah Anda termasuk orang yang gemar sekali berwisata? Mungkin saat liburan panjang, Anda dan keluarga sering mengunjungi berbagai macam tempat, baik untuk menikmati keindahan alam melalui wisata alam, mengenal jejak-jejak sejarah yang ditinggalkan oleh tokoh-tokoh di masa lalu lewat wisata sejarah, atau mengagumi keindahan dan keagungan arsitektur tempat ibadah serta sejarah pembangunannya dari masa ke masa melalui wisata religi.

Sama seperti ketika Anda akan melakukan wisata alam dan wisata sejarah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum Anda melakukan wisata religi. Berikut adalah beberapa tips untuk diperhatikan ketika Anda berniat melakukan wisata religi.

Salah satu hal yang paling mendasar dan wajib Anda lakukan sudah pasti mencari tahu informasi mengenai masjid yang akan Anda kunjungi. Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat memperoleh gambaran akan seberapa banyak barang harus Anda bawa, Anda juga dapat mengestimasi biaya pengeluaran sehingga perjalanan wisata Anda tidak boros. 

Jangan Abaikan Hal-Hal Ini Saat Wisata Religi | Breaktime
Kenakan pakaian yang sopan agar tidak saltum!

Dan setelah Anda menentukan tempat wisata masjid yang ingin Anda kunjungi lengkap dengan budgetnya, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah dress code. Masjid, gereja, pura, dan vihara   adalah tempat ibadah yang sangat disakralkan. Pakaian yang terlalu ketat, rok mini, hotpants, tanktop, dan pakaian-pakaian yang terlalu terbuka lainnya akan membuat Anda terlihat terlalu mencolok dan mengesankan bahwa Anda tidak menghormati jemaat yang berada di tempat peribadatan tersebut. Sehingga ada baiknya jika Anda mengenakan pakaian sederhana yang sopan dan menghindari mengenakan perhiasan yang terlalu berlebihan.

Ketika Anda berada di lokasi peribadatan, mungkin Anda dan keluarga atau teman-teman akan berebut untuk mengabadikan ukiran-ukiran atau arsitektur bangunan yang indah. Hal tersebut tentu sangat diperbolehkan, namun Anda harus mengingat bahwa bangunan-bangunan tersebut adalah tempat ibadah umat dimana umat beragama berdoa dengan khusyuk. Sehingga hindari berbicara dan tertawa terlalu keras dan jangan membuat kegaduhan karena hal tersebut dapat memecah konsentrasi para jamaah. Pun ketika Anda akan mengambil foto, pastikan Anda tidak menggunakan lampu blitz dan jangan mengambil foto dengan jarak yang terlalu dekat.

Siapkah Anda untuk berwisata religi di liburan ini. B’Timers? (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE