Jadi Travel Blogger Kece, Begini Caranya! | Breaktime
Jadi Travel Blogger Kece, Begini Caranya!
25.07.2017

B’timers, apalah gunanya Anda hobi travelling namun tak membagikan pengalaman Anda tersebut kepada khalayak luas? Like come on, janganlah menjadi seorang traveller yang pelit sifatnya! Jangan cuma mengabadikan momen travelling Anda lewat foto untuk koleksi pribadi saja! Yap, sebab tak ada ruginya kok Anda mengabadikan momen tersebut dalam bentuk tulisan di internet. Inilah aktivitas yang dinamakan dengan travel blogging . Selain untuk melatih dan mengasah skill menulis Anda, keuntungan lain yang bisa didapat ialah Anda bisa membantu para traveller di luar sana dalam mengais informasi tentang tujuan travelling mereka.

Masih ada lagi keuntungan yang jauh lebih menggiurkan: travel blog faktanya bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan! 

Jadi Travel Blogger Kece, Begini Caranya! | Breaktime
Tertarik untuk mengembangkan blog Anda menjadi sebuah travel blog?

Namun dalam membuat sebuah travel blog itu tidak semudah kita membalikkan telapak tangan, lho. Sebelum siap memulai sebuah travel blog, baiknya Anda pahami terlebih dahulu nih langkah-langkah dalam membuat travel blog yang baik. Seperti pertama-tama, pikirkan dulu sebuah nama blog yang pendek namun super catchy alias mudah diingat. Nama blog ini juga harus mencerminkan isi keseluruhan travel blog Anda. Semisal saja dalam travel blog Anda, Anda khusus menulis soal tempat-tempat pariwisata di wilayah Bali. Maka Anda bisa memasukkan nama yang megandung unsur Bali agar travel blog Anda terasa semakin otentik.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips & Trik Membuat Travel Blog Yang Memorable

Setelah sukses memilih nama yang pas, kini mulailah mempertimbangkan jenis hosting yang akan dipakai. Pada dasarnya proses hosting ini adalah kegiatan ‘menyewa’ lahan di internet agar situs blog Anda terdaftar pada server dan lebih gampang diakses oleh para netizen, B’timers. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan cara membeli domain. Siapkan saja paling tidak enam dolar setiap bulan untuk membayar domain ini. Meski nampak mahal, namun memiliki domain sendiri adalah suatu hal yang profitable. Ini akan sangat berpengaruh dalam proses monetisasi blog Anda di kemudian hari.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kenali 5 Travel Blogger Paling Keren Yang Pernah Ada!

Sekarang soal keseluruhan desain blog. Jika Anda mendambakan travel blog Anda banyak dibaca oleh orang, lantas hindari jenis desain blog yang terlalu ‘ramai’. Gunakan saja template blog yang responsif, ringan, namun tetap terlihat berkelas. Seandainya Anda membuat blog ala WordPress, Anda bahka bisa membeli sebuah tema blog dengan desain premium yang akan membuat tampilan blog jauh lebih sophisticated.

Jadi Travel Blogger Kece, Begini Caranya! | Breaktime
Mengatur desain blog sebaik mungkin itu krusial banget, B’timers

Biasanya sih harga premium template  berkisar dari 25-80 dolar. Ini sangat penting untuk Anda yang benar-benar serius ingin membuat travel blog profesional. Tapi kalau Anda hanya bermaksud untuk membuat travel blog untuk menyalurkan hobi semata, ya langkah ini bukanlah langkah yang mutlak untuk dilaksanakan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Menulis Buat yang Ingin Jadi Travel Blogger

Bagaimana dengan soal menulis konten dalam blog Anda? Well, ceritakan saja secara mengalir seperti air. Ungkapkan bagian mana yang menjadi favorit Anda ketika mengunjungi tempat tersebut. Berikan sejumlah tips dan trik berguna agar perjalanan pembaca ke sana menjadi lebih asyik dan tidak kekurangan suatu apapun. Tambahkan detail-detail seperti foto atau video akan spot yang telah Anda sambangi tersebut— kalau bisa dalam kualitas High Definition agar pembaca bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai keseruan aktivitas travelling Anda.

Cobalah untuk menerbitkan artikel paling sedikit satu sampai dua kali dalam seminggu. Kegiatan travelling yang Anda catatkan pun tak harus tentang perjalanan ke tempat-tempat yang jauh lho, B’timers. Yang terpenting adalah bagaimana cara Anda mengemas artikel menjadi bacaan yang menarik untuk dibaca. Jadilah penulis yang jujur dan bisa menginspirasi para traveller lain untuk ikut memulai travel blog-nya sendiri. (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE