Introvert Bisa Liburan Happy Dengan Cara Ini! | Breaktime
Introvert Bisa Liburan Happy Dengan Cara Ini!
14.01.2017

Traveling adalah kegiatan yang paling menarik dan menjadi pilihan banyak orang untuk sejenak rehat dari rutinitas. Tetapi, bagaimana jika B’timers seorang introvert? Apakah bisa bepergian dengan menyenangkan?

Tentu saja bisa, B’timers. Tetapi seorang introvert biasanya akan memilih untuk melakukan solo traveling. Selama berada dalam perjalanan traveling para introvert ini akan merasakan hal-hal yang membuat mereka tidak nyaman.

Hal pertama adalah mereka menganggap bahwa berbasa-basi dengan orang asing adalah sebuah siksaan. Para introvert justru merasa tidak nyaman jika berbicara dengan orang yang belum dikenal. Mereka akan lebih bahagian untuk diam dan bertahan dalam keheningan.

Mereka juga akan merasa kesusahan untuk bertanya arah. Padahal, bertanya adalah jurus paling ampuh saat Anda melakukan solo traveling. Mereka akan merasa malas untuk bertanya dan mencari jalan lain untuk menemukan arah yang benar.

Seorang introvert memang cenderung tertutup dan tak banyak bicara dengan orang lain, bahkan orang yang mereka kenal sekalipun. Mereka lebih senang untuk menyendiri dan jauh dari keramaian. Seorang introvert juga sangat benci menjadi pusat perhatian. Pada intinya, mereka merasa menderita bila berada di tengah keramaian.

Introvert Bisa Liburan Happy Dengan Cara Ini! | Breaktime
Seorang introvert lebih memilih area pegunungan

Ciri-ciri itulah yang membuat para introvert memiliki cara traveling yang berbeda dari lainnya. Mereka akan lebih memilih pergi ke kawasan pegunungan. Ini dibuktikan oleh studi yang dipublikasikan oleh Journal of Research in Personality, bahwa seorang introvert akan lebih memilih pegunungan dan extrovert lebih memilih samudera.

Mereka juga lebih senang untuk mengenal dan belajar tentang budaya suatu tempat. Introvert dikenal sebagai pribadi yang reflektif dan pemikir. Itulah yang menyebabkan mereka lebih cenderung memilih wisata budaya atau sejarah.

Bepergian sendiri juga menjadi surge untuk para introvert. Mereka menganggap bahwa bepergian sendiri bisa mengatur jadwal mereka sendiri dan melakukan banyak refleksi dalam diri mereka. Mungkin para introvert tidak suka ribet, ya.

Meskipun seorang introvert lebih bahagia jika melakukan traveling sendirian, tetap saja mereka juga tak akan menolak jika harus traveling rombongan bersama dengan teman-teman. Tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa mereka akan selalu minta waktu untuk alone time. 

Introvert Bisa Liburan Happy Dengan Cara Ini! | Breaktime
Seorang introvert lebih senang solo traveling

Nah, yang terpenting adalah jangan pernah menyembunyikan siapa diri Anda. Jika memang Anda seorang introvert, tak perlu berpura-pura untuk menyesuaikan diri atau mengendalikan diri. Siapa tahu di antara teman-teman Anda juga ada yang merupakan seorang introvert. Dengan begitu, kan liburan Anda bisa menyenangkan bersama dengan introvert lainnya.

Tetapi, ketahuilah bahwa introvert adalah seorang traveler terbaik. Yup, ini karena mereka mampu berbaur di tengah keramaian. Mereka telah menguasai seni membenamkan diri dalam lingkungan sekitarnya dan menjadi satu dengan tujuannya sendiri.

Seorang introvert terkenal sebagai pendengar yang baik, ini karena mereka tidak terlalu suka berbicara. Kemampuan ini juga yang memungkinkan mereka mudah memahami lingkungan dan budaya baru.

Tak hanya mendengar, para introvert ini juga belajar dari apa yang mereka lihat. Mereka akan lebih suka dengan duduk di suatu tempat, menikmati secangkir kopi, dan menyaksikan dunia di sekitarnya berlalu. Tak hanya melihat saja, B’timers. Mereka juga menyerap dan mempelajari gaya hidup lokal tanpa menjadi bagian dari tindakan.

So, itulah pemahaman sebenarnya tentang seorang introvert, bagaimana tips traveling tetap menyenangkan untuk seorang introvert, dan keunggulan yang dimiliki oleh seorang introvert. Jadi, jika Anda termasuk introvert tak perlu khawatir lagi liburan Anda tak menyenangkan. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE