Ini Trik Smart Agar Tetap Aman Saat Bepergian | Breaktime
Ini Trik Smart Agar Tetap Aman Saat Bepergian
27.03.2016

B’timers yang gemar travelling pasti sering merasakan was-was selama bepergian. Mulai dari kecelakaan hingga risiko kecopetan akan selalu ada menghantui Anda. Sebenarnya B’timers tidak perlu merasa khawatir dan tetap aman saat bepergian dengan mengikuti trik berikut.

Rahasiakan fakta bahwa Anda adalah wisatawan

Anda dan rekan-rekan mungkin sangat senang menjadi seorang wisatawan menjelajah tempat baru. Kesenangan B’timers sebaiknya Anda redam terlebih dahulu dengan tidak menunjukkan secara terang-terangan bahwa Anda adalah seorang wisatawan. Orang yang tidak Anda kenal bisa saja memiliki niatan jahat jika mengetahui B’timers tidak akrab dengan suasana tempat baru tersebut.

Ini Trik Smart Agar Tetap Aman Saat Bepergian | Breaktime
Membuka peta lebar-lebar ternyata menarik mata penjahat, lho!

Untuk tetap aman saat bepergian, B’timers sebaiknya menghindari membuka peta ataupun buku bahasa asing di hadapan publik. Anda harus mempersiapkan diri sebelum berangkat mulai dari mempelajari rute penginapan ke tempat wisata hingga mempelajari bahasa lokal di tempat tujuan. Hal ini akan menghindarkan diri untuk bertanya pada orang yang mungkin berniat jahat terhadap Anda.

Jaga rombongan Anda sekaligus dompet rapat-rapat

Jika B’timers seorang petualang penyendiri, sebisa mungkin jangan menunjukkan bahwa Anda sedang berwisata sendirian. Sebisa mungkin bergabung dengan rombongan lainnya agar Anda tidak menjadi sasaran empuk para penjahat. Usahakan untuk mengajak satu atau dua teman pria jika rombongan Anda berisi perempuan semua. Bagaimana pun keselamatan B’timers harus tetap menjadi prioritas utama.

Ini Trik Smart Agar Tetap Aman Saat Bepergian | Breaktime
Bepergian sendirian memang menyenangkan, tapi tetap rapat dalam rombongan ya!

Selain tetap dekat dengan rombongan, Anda harus siaga menjaga dompet beserta uang di dalamnya. B’timers tentunya tidak ingin peristiwa kecopetan merusak acara jalan-jalan Anda bersama rombongan. B’timers dapat menjaga dompet dekat dengan tubuh Anda seperti saku bagian dalam jaket. Hindari meletakkan dompet di dalam tas yang mudah dijambret atau dirogoh oleh pencopet.

Waspada dimana pun Anda berada

Waspada harus selalu ada dalam kamus B’timers selama bepergian, baik itu di kota yang sering Anda kunjungi maupun tidak. Waspada tidak hanya berlaku ketika B’timers berada di jalan raya atau tempat wisata. Anda harus tetap waspada termasuk di area penginapan yang Anda pilih untuk beristirahat.

Ini Trik Smart Agar Tetap Aman Saat Bepergian | Breaktime
Brankas dalam kamar hotel bukan tanpa alasan, manfaatkan!

B’timers jangan dengan mudah memasukkan pekerja hotel ke dalam kamar Anda. Jika B’timers dihampiri oleh pekerja hotel tetapi Anda tidak meminta layanan hotel, ada baiknya Anda menelepon resepsionis dan menanyakan kebenaran. Selain itu, B’timers juga harus lebih rapi dalam menata kamar. Jangan biarkan barang berharga Anda tergeletak di berbagai sudut kamar yang mudah diraih oleh orang asing. Simpan barang berharga Anda dalam brankas yang biasanya tersedia dalam setiap kamar hotel.

Untuk tetap aman saat bepergian sebenarnya tidak perlu pengawasan dari pihak kepolisian ataupun banyak teman pria. Yang terpenting adalah bagaimana B’timers mampu memposisikan diri agar tidak menjadi sasaran empuk orang-orang yang berniat jahat. Selain itu, catat dan simpan selalu nomor darurat seperti nomor polisi maupun ambulans jika terjadi hal yang tidak diharapkan selama travelling. Dengan begitu, Anda dapat menikmati acara jalan-jalan dengan lebih menyenangkan, bukan? Happy travelling, B’timers! (ft)

Share This Article