Ini, Nih Perbedaan Jenis Tas Untuk Traveling! | Breaktime
Ini, Nih Perbedaan Jenis Tas Untuk Traveling!
05.02.2017

Banyak sekali istilah-istilah traveling yang mungkin masih awam. Tetapi, bagaimana dengan istilah perelengkapan traveling yang sering Anda bawa? B’timers mungkin sudah sering mendengar istilah backpack, rucksack, carrier, dan daypack. Mereka adalah jenis-jenis tas yang seringkali menjadi teman setia petualangan Anda. Tetapi, apakah Anda tahu apa makna dan fungsi sebenarnya dari keempat jenis tas tersebut?

Pasti di antara B’timers banyak yang menjawab kalau keempat jenis tas tersebut sama saja. Eits, jangan salah karena mereka ternyata benar-benar berbeda dan memiliki fungsinya masing-masing. Yup, jelas kalau backpack, rucksack, carrier, dan daypack punya fungsi yang berbeda, tetapi mereka sama-sama merupakan tas punggung.

Ini, Nih Perbedaan Jenis Tas Untuk Traveling! | Breaktime
Ini, nih model backpack masa kini

Lalu apa fungsi dan perbedaan sebenarnya dari keempat jenis tas punggung tersebut? Daripada berlama-lama lagi, Breaktime telah merangkum jawabannya berikut ini.

Backpack atau yang disebut juga dengan tas ransel, juga bisa disebut dengan tas punggung. Tas jenis ini pada awalnya menggunakan teknik serut atau menggunakan tali. Sejak jaman dulu, backpack sudah menjadi benda yang digunakan untuk menampung atau meletakkan barang dan dibawa di punggung. Tas jenis ini sudah semakin berkembang, B’timers. Seperti yang kita ketahui ada berbagai jenis atau model backpack. Namun yang lebih populer adalah backpack yang menggunakan resleting.

Ini, Nih Perbedaan Jenis Tas Untuk Traveling! | Breaktime
Kalau rucksack yang seperti ini

Kalau rucksack bagaimana, ya? Yup, rucksack juga merupakan tas punggung, namun memiliki tali dan menggunakan sistem serut sebagai penutupnya. Ini justru memudahkan para penggunanya untuk mengambir sesuatu dari dalam tas. Rucksack sendiri adalah sebuah nama yang diambil dari bahasa Jerman.

Jaman dulu, tas jenis ini digunakan tentara militer untuk berperang. Jadi, pada intinya Anda sudah menemukan perbedaan antara backpack dan rucksack, yaitu dari segi penutupnya. Bisa dibilang juga, rucksack menggunakan sistem lama dari backpack.

Ini, Nih Perbedaan Jenis Tas Untuk Traveling! | Breaktime
Carrier selalu dipakai untuk traveling

Selanjutnya adalah carrier. Kalau tas jenis ini sepertinya sudah banyak yang tahu, sih. Yup, kalau para traveler sih sudah nggak asing dengan tas jenis carrier ini. Tas ini sengaja didesain khusus untuk membawa barang banyak dan berat. Karena fungsinya yang demikian, desain fisiknya pun juga dirancang sedemikian rupa untuk membuat penggunanya merasa nyaman meski membawa beban berat.

Ada banyak sekali merek tas carrier yang dijual dengan kualitasnya masing-masing. Tentu juga dengan harganya masing-masing, ya B’timers. Ukuran tas carrier ini juga beraneka ragam, lho. Mulai dari ukuran 40 liter sampai dengan 100 liter. Tas ini paling banyak dipakai oleh para pendaki, karena mereka bisa menyimpan matras, tenda, sleeping bag, bahkan kompor. Keren banget, kan jenis tas yang ini! karena ukurannya yang besar, tas ini juga nggak cocok kalau dipakai untuk sehari-hari.

Ini, Nih Perbedaan Jenis Tas Untuk Traveling! | Breaktime
Kalau daypack jadi versi mini-nya carrier

Jenis tas yang terakhir adalah daypack. Tas jenis ini memiliki fungsi yang sama dengan carrier. Tetapi, ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan carrier. Ukurannya hanya mulai 15 sampai dengan 35 liter saja. Tas ini dipakai untuk para pendaki yang hanya melakukan trekking santai tanpa membawa banyak barang.

Jadi kesimpulannya, perbedaan dari backpack, rucksack, carrier, dan daypack adalah dari model dan ukurannya. Eits, fungsinya juga beberapa memiliki perbedaan. Sekarang B’timers mulai mengerti dan tahu tas mana yang cocok digunakan untuk traveling. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE