Alasan untuk Tak Mengunggah Foto Boarding Pass | Breaktime
Ini Alasan untuk Tak Mengunggah Foto Boarding Pass
31.05.2016

Mengabadikan foto-foto menarik pada saat liburan dan mengunggahnya di media sosial kini ibarat hal yang "wajib" dilakukan dan bisa menjadi sarana eksistensi diri. Mungkin, tanpa sadar B’timers juga pernah melakukannya. Nah, ada macam-macam jenis foto yang biasa diunggah ke media sosial.

Selain foto-foto keindahan tempat liburan dan foto makanan, tidak jarang foto boarding pass pun juga diunggah ke media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Path yang cukup populer di Indonesia.

Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa meng-upload foto boarding pass di media sosial bisa membahayakan diri sendiri. Informasi yang tercetak pada boarding pass dapat mengungkapkan banyak hal yang mungkin tak dipikirkan oleh sang pemilik.

Teknologi internet memungkinkan sebuah situs membaca barcode pada boarding pass, seperti dilansir Krebson Security. Barcode yang ada pada foto boarding pass bisa membuka akses banyak informasi pribadi, tak hanya kode penerbangan, tetapi juga informasi perjalanan, nomor telepon, sampai penerbangan masa depan yang dipesan melalui nomor yang sama.

Alasan untuk Tak Mengunggah Foto Boarding Pass | Breaktime
Sebaiknya hindari meng-upload foto boarding pass di media sosial

Selain itu, dengan akses dari boarding pass, seseorang bahkan bisa mengubah tempat duduk orang lain di dalam pesawat, membatalkan penerbangan, hingga melakukan reset nomor PIN akun pribadi orang lain.

Saat sebuah foto sudah ter-upload ke internet, khususnya media sosial, kita tidak bisa membatasi siapa saja yang bisa mengakses foto tersebut. Kita mungkin percaya dengan teman-teman dekat kita, namun tidak semua teman di media sosial bisa menjaga informasi pribadi yang kita miliki.

Karena itu, mulai sekarang sebaiknya B'timers tidak lagi mengunggah foto boarding pass dan lebih berhati-hati saat mengunggah informasi apa pun di media sosial, demi keamanan dan kenyamanan diri sendiri. (ZA)

Share This Article