Ini Alasan Kenapa Pendaki Harus Percaya Mitos! | Breaktime
Ini Alasan Kenapa Pendaki Harus Percaya Mitos!
04.12.2016

Mendaki gunung untuk beberapa orang kini menjadi hobi yang mengasyikkan. Nah, kalau B’timers sendiri pernah mendaki gunung? Jika pernah, Anda pasti pernah mendengar hal-hal yang dilarang atau mitos dari orang-orang tentang tata cara mendaki gunung. Yup, di Indonesia memang masih sangat mempercayai mitos.

Percaya tidak percaya, gunung-gunung di Indonesia dipercaya banyak dihuni oleh makhluk halus dan juga binatang buas. Daripada Anda bertanya-tanya, berikut ini mitos yang harus dipercaya oleh pendaki gunung dan alasannya.

1. Tidak boleh mendaki dengan jumlah orang ganjil

Masih berhubungan dengan makhluk halus penghuni gunung, angka ganjil dipercaya tidak disukai oleh makhluk goib. Jadi, jika Anda datang dengan jumlah anggota ganjil biasanya salah satu di antara Anda akan tersesat. Meskipun tidak percaya dengan hal-hal seperti itu, sebaiknya patuhi saja adat istiadat yang ada.

2. Jangan memetik tumbuhan apapun yang ada

Larangan yang satu ini seringkali dilanggar. Mengapa tidak boleh memetik tanaman apapun? Yup, selain masih berhubungan dengan makhluk halus, memetik tanaman juga akan merusak ekosistem tumbuhan di gunung. Sama saja kita membunuh sesame makhluk hidup.

Ini Alasan Kenapa Pendaki Harus Percaya Mitos! | Breaktime
Mendaki gunung ramai-ramai memang menyenangkan

3. Hindari untuk mengusik binatang yang ditemui

Beberapa hewan dipercaya bisa menuntun perjalanan Anda selama di gunung. Jadi jangan pernah mengusik, mengganggu, atau mengusir binatang yang Anda temui. Sebaiknya biarkan saja.

4. Dilarang buang sampah atau buang kotoran di sembarang tempat

Karena gunung adalah tempat yang benar-benar alami, maka jika Anda ingin membuang sampah sebaiknya jangan sembarangan, karena bisa mengotori dan merusak ekosistem yang ada di gunung. Selain itu, saat Anda ingin buang kotoran sebaiknya dikubur dengan tanah dan permisi di tempat yang Anda gunakan. Ini dilakukan agar tidak menimbulkan bau tidak sedap dan mungkin agar tidak mengganggu sang penunggu.

5. Jangan memiliki pikiran negatif dan ucapkan kata-kata yang baik

Yup, yang terakhir ini juga harus benar-benar Anda lakukan saat mendaki gunung. Mengapa? Bagaimanapun, Anda adalah tamu yang datang ke tempat orang lain. Jadi lakukan hal-hal positif dan sebaiknya dekatkan diri dengan Tuhan.

Jadi begitu B’timers, alasan mengapa para pendaki gunung harus percaya dengan mitos. Bukan hanya untuk melatih diri menjadi lebih baik dan mencintai alam, tetapi juga akan membuat Anda lebih mendekatkan diri pada Tuhan. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE