Ini Alasan Bayi Harus Duduk Sendiri Di Pesawat! | Breaktime
Ini Alasan Bayi Harus Duduk Sendiri Di Pesawat!
13.08.2017

Bepergian dengan pesawat rupanya memiliki aturan khusus jika Anda membawa bayi untuk terbang. Awal bulan lalu, dunia penerbangan lagi-lagi dihebohkan oleh tingkah para kru United Airlines. Setelah beberapa waktu terjadi insiden mengenai seorang penumpang yang harus dipukul, kini kembali lagi terjadi insiden yang menimpa Shirley Yamauchi. Ia mengeluhkan tentang kursi anaknya yang berusia 27 bulan harus diambil paksa oleh kru. Padahal Yamauchi telah membayar kursi tersebut sebesar $1000 atau setara dengan Rp 10 juta.

Ia sempat mengadu pada kru kabin, namun justru disarankan untuk pengembalian tiket saat itu juga dan membatalkan tiket pulang ke Hawaii. Ia pun terpaksa memangku sang buah hati selama tiga jam. Ia pun bercerita tentang kaki dan tangannya yang mati rasa akibat memangku sang anak dengan bobot setengah dari bobotnya. Hal ini semakin membuat penasaran siapapun yang akan membawa bayi saat terbang. Apakah ada aturan tertentu untuk hal tersebut?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Nyaman Anti Macet Wisata Alam Di Puncak

Breaktime telah merangkum aturan dari beberapa maskapai di Indonesia ketika Anda memutuskan bepergian dengan pesawat bersama bayi. Untuk tarif, masing-masing maskapai tentu memiliki ketentuannya sendiri. Namun, beberapa maskapai memberikan tarif gratis untuk bayi. Biasanya bayi yang memiliki tempat duduk sendiri, biayanya sama dengan orang dewasa.

Aturan bayi naik pesawat pesawat Lion Group

  1. Maskapai Lion Air berhak tidak mengangkut bayi dengan usia kurang dari dua hari.
  2. Bayi berusia 3 – 7 hari harus memiliki Surat Keterangan Medis yang terbit 72 jam sebelum jam keberangkatan.
  3. Lion Air Gruop mewajibkan orang tua untuk menandatangani formulir ganti rugi yang membebaskan maskapai jika terjadi apa-apa dengan bayi selama penerbangan.
  4. Harga tiket bayi 20% dari tarif dewasa.
  5. Tidak ada bagasi untuk bayi.

Aturan bayi naik pesawat Sriwijaya Air dan NAM Air

1. Bayi berusia 0 – 23 bulan bisa melakukan penerbangan.

2. Lingkar pinggang bayi tidak boleh melebihi 40 cm dan kepalanya tidak lebih tinggi dari hidung bawah pemangku.

3. Tarif untuk bayi 10% dari tarif dewasa.

4. Tidak ada bagasi untuk bayi.

Ini Alasan Bayi Harus Duduk Sendiri Di Pesawat! | Breaktime
Bayi di bawah usia 1 tahun bisa menggunakan bassinet
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Guide Anti-Rugi Rekreasi Murah Meriah di Bali

Aturan bayi naik pesawat AirAsia

  1. Bayi usia di bawah 2 tahun saat melakukan penerbangan.
  2. Bayi harus dipangku dan satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.
  3. Tarif bayi adalah Rp 150 ribu.
  4. Tidak ada bagasi untuk bayi.
  5. Tidak boleh membawa stroller di kabin.

Itulah beberapa aturan maskapai penerbangan tentang bayi yang akan naik pesawat. Tapi pada intinya, sangat penting jika seorang bayi  dengan usia di atas dua tahun dengan bobot 11 – 22 kg memiliki kursi sendiri. Setidaknya itu adalah aturan di Amerika Serikat yang diberikan oleh Federal Aviation Administration (FAA).

Bahkan FAA merekomendasikan orang tua untuk meminta Child Restraint System (CRS) pada kru maskapai. Misalnya saja sabuk pengaman khusus balita untuk melindungi mereka dari guncangan selama penerbangan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tiru Gaya Traveling Keluarga Muda Ini!

Namun rupanya aturan tersebut bukan tanpa alasan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rainbow Babies and Children Hospital di Cleveland menyebutkan bahwa salah satu faktor penyebab bayi cidera selama penerbangan adalah terjatuh dari pangkuan orang tua.

Namun untuk bayi yang masih belum bisa duduk sendiri, Anda bisa menggunakan bassinet. Apa itu bassinet? Itu adalah tempat tidur bayi yang bisa dipasang di depan tempat duduk penumpang. Hanya saja bassinet biasanya diperuntukkan untuk penumpang di bangku paling depan dan harus request saat check-in. Biasanya hanya tersedia untuk penerbangan internasional.

Oleh karena itu, ketika B’timers memutuskan membawa bayi saat bepergian dengan pesawat, pahami aturan setiap maskapai dan usahakan memberi kursi sendiri untuk buah hati Anda. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE